Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Thursday, August 9, 2007

Vicks VapoRub menyebabkan gangguan hati pd anak2

Berikut postingan yg gw dpt dr milis kehamilan, beneren gak yah?

Vicks VapoRub merupakan produk yang sangat populer di kalangan masyarakat. Mungkin sejak jaman anda masih kecil produk ini sudah digosokkan pada tubuh anda. Tapi ingatlah untuk tidak sekali-kali lagi menggunakan produk ini atau semua produk lain yang mengandung kamfer pada bayi anda sendiri.

Para dokter dari University of Iowa Hospital and Clinics mengatakan, seorang anak perempuan berusia 2 bulan mengalami gangguan hati setelah ibunya menggosokkan banyak Vicks VapoRub pada leher dan dadanya selama lima hari. Hati bayi ini kembali normal setelah ibunya tidak lagi menggosokkan obat demam yang populer tersebut.

"Pada dasarnya, kamfer [bahan aktif dalam Vicks VapoRub] adalah racun bila dimakan," kata Dr. Warren Bishop, direktur gastroenterologi anak-anak di University of Iowa Hospital and Clinics di Iowa City. "Baunya enak dan kulit anda akan terasa hangat setiap kali anda menggosokkannya. Tetapi menurut laporan, kamfer akan menyebabkan sel-sel hati menjadi mati dan dapat menyebabkan orang meninggal kalau produk yang mengandung kamfer ini termakan."

Anak kecil itu dibawa ke rumah sakit setempat karena ibunya melihat adanya pembengkakan di lipat leher anak tersebut. Setelah menemukan bahwa anak itu mengalami kekurangan gizi akibat ibunya memberikan campuran susu bayi yang terlalu encer, anak itu segera dibawa ke rumah sakit. Berbagai tes mempelihatkan bahwa fungsi hatinya tidak bekerja dengan baik.

Setelah ditanya, ibu anak itu ingat telah mengoleskan Vicks VapoRub ke dada dan leher anak itu, tiga kali satu hari selama lima hari. Dokter menganjurkan untuk tidak mengoleskan obat itu lagi sampai anak berusia lebih dari 2 tahun. Lever anak itu kembali normal sendiri, begitu Vicks tersebut dihentikan.

"Anak itu mengalami keracunan kamfer melalui kulit," kata Bishop. "Bayi mempunyai kulit yang relatif tipis dan daerah permukaan yang relatif besar dibandingkan dengan berat total tubuhnya, sehingga sangat lebih mudah mengalami keracunan." Studi kasus ini dilaporkan dalam edisi Juni dari Southern Medical Journal.

Procter & Gamble, produsen Vicks VapoRub, mengatakan produk tersebut mengandung kamfer, mentol dan minyak eukaliptus dan harus dihirup untuk melegakan hidung tersumbat dan batuk karena demam, demikian menurut situs produk-produk Vicks. Procter & Gamble sebenarnya sudah mengingatkan bahwa produk itu hanya boleh digunakan di luar tubuh, tidak boleh dioleskan di hidung, tidak boleh dipanaskan dan tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun tanpa konsultasi dengan dokter.

Bishop mengatakan, studi kasus ini menjadi peringatan besar bagi orang tua dan dokter tentang bahaya kamfer, khususnya bagi bayi. "Meskipun kami belum pernah melihat kasus seperti ini, hal serupa telah dilaporkan pada literatur medis. Kalau orang tua bermaksud menggunakan obat bebas, mereka seharusnya berpikir dengan sangat hati-hati tentang obat tersebut, khususnya bagi bayi.

"Bayi jauh lebih rentan terhadap efek samping berbagai sediaan obat bebas," katanya mengingatkan.

INGAT!

Hindari produk yang mengandung kamfer bagi anak berusia di bawah dua tahun. Informasi yang ada di sini bukan sebagai pengganti anjuran dan terapi yang diberikan oleh dokter, namun diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai kondisi medis tertentu yang Anda perlukan.
Sebaiknya Anda tetap mengkonsultasikan masalah medis dengan dokter keluarga Anda.

1 comment:

yanti said...

gue juga gak kasih vicks ke callis.. mendingan kasih transpulmin bb, biar mahal yg penting aman ;)