Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Tuesday, September 4, 2007

Apdet my little wilbert 10m+

Belakangan sibuk banget di kantor..kerjaan seabrek2 yg kudu difollow up. Kantor gw mulai masuk high season niy jd ga bs sering2 BW or ngeblog lagi hikss...kl di rumah gw jarang nyalain notebook krn inetnya lelet pk dial up, udh itu wilbert jg da ga bs diem sekarang..mo tunggu dia tidur da keburu cape deh hehe..Mumpung hr ini babe lg anteng td pagi nanya gw ga ada email kan? gw bil belom hehe..so kali ini bs apdet sepuasnya ^____^
Btw, seminggu lg wilbert da 11 bln..seneng deh bntr lagi da mau setaon :-)
Di umur 10m+ ini dia da bisa :
1. Belajar ngomong. Kosa katanya semakin banyak :-)
* manggil "mama" sdh jelas...sptnya dia tau kl panggilan mama itu buat gw, tiap hari kl da melek pasti manggil2 mama kadang "ai mama" kl gw pulang kerja minta digendong hehe..kl manggil papa msh belom bisa tuh..bisanya "tata"
* "mamamm", dia bs minta makan kl da waktunya hehe..lucunya dia bs bedain kl manggil gw mama ga pake "m" kl minta disuapin ngmgnya "mamamm"
* "buah", sejak minggu lalu dia suka sebutin kata ini berulang2 mungkin dia sering denger nyokap suka suru wiji (pembantu baru yg da kerja sebulan) ambil buah di kulkas kali yaa.
* truzz gw sambil tiduran denger dia ngoceh2 buah dan gw ngmg "apple" ke dia eh dia bisa ikutin"e-phe" loh ampe gw kaget lgsg bangun suru sebutin lg da ga mau dia..tp kl dia lg ngoceh2 gitu kita masukin satu kata baru ke dia dan dia secara reflek bs lgsg ikut apa yg kita ngmg..lucu yah kl sengaja disuruh malah ga mau tuh..
* "oke" sama spt diatas kadang mau kadang gak.
* "kia kia" ini kosa kata lama dia skrg da jelas kl disuru ngmg "kia kia" dia mau tuh, apalagi liat kita buka pintu lgsg ngmg "khi kia kia" ga tau kok dia bs ngmg hokkian "kia kia" ini mungkin krn gw ma nyokap di rumah ngmg hokkian yah jd nyampur mandarin ma hokkian hehe..
* msh ada bbrp kosa kata yg laen cuman ga jelas ngmgnya.
2. sudah bisa minum susu sendiri, dulu bisanya cuman minum air putih pk botol air pigeon yg kecil krn botol susu avent-nya kan gede tuh..sekarang tiap pagi bangun tidur jam 5an gitu hbs maen2 bntr truzz diksh susu 120cc dia bs minum sendiri ampe habis tp kl yg botol 180cc cuman minum stgh harus dipegangin, msh kegedean botolnya hehe..
3. sudah ngerti apa yg kita ngmg ke dia hehe..kl disuru2 bs praktekin :
* "cia hao nali?" / "who is wibert?" tangannya lgsg tepuk2 dadanya ^_^
* "tou nali" / da tou" nanti dia bs pukul2 kepalanya
* "apung manis" dulu waktu dia msh 6m+ nyokap suka taroh sapu tgn kecil di atas kepalanya smbl ngmg "apung manis" hehe..keinget di medan dulu waktu gw org kecil suka ada org india yg keliling kompleks jualan apung pk keranjang yg ditaroh di atas kepala sambil teriak "apung..apung..manis" hehe..itu sejenis kue bolu or martabak bulat jd krn nyokap suka ajak dia maen pk sapu tgn truss dia ambil dr atas kepalanya sambil cekikikan kadang malah sengaja dia diemin lama nunggu kita ngmg apung apung truzz hehe...skrg kl kita ngmg kata itu langsung kedua tangannya taro diatas kepala jualan apung deh hehe...
* "bye bye/dadah" kl da keluar rumah kita ngmg bye2 langsung dadah2in tangannya kayak "zhao cai mao" kt ciu2nya hehe
* "pai shou" tepuk tangan
* "can chi lai" / "stand up" nanti dia bs berdiri dr boxnya
* "zuo xia" / "sit down" dia bs duduk
* "ci luk baa" dia tutup matanya pk kedua tangannya truzz ngmg "baa" br turunin tangannya
* "bu ke yi" / "no" kl dia da sempat ambil sesuatu spt kacamata ato apa ga bs diambil balik lg tuh, pasti teriak nangis...harus minta baik2 "gei mommy" nanti dia sodorin tuh barangnya ke kita truzz gw buru2 tukerin maenan ke tangan dia nanti hehe..tp kadang suka sadar kl diganti maenan dia suka geleng2 ga mau "bu yao"
* "shake hand & kiss" nanti dia keluarin tangannya ajak salaman truzz tgn kita dicium ma dia, kl yg ini bisanya da lama cuman skrg kl ketemu anak yg sepantaran gw suru shake hand dia da mau, dulu msh belom mau ulurin tangannya. Minggu kmrn ketemu anak kecil umur 4m+ di PI gemukk banget cowo truzz itu anak dielus2 dan dipegang2 pipinya ma wilbert untung pelan2 pegangnya gw da takut kl dipukul gimana? soale kl di rumah suka mukul2 muka org kl kita teriak malah tambah seneng dia hbs itu gw pura2 nangis nanti dielus2 ma dia lucu hehe..
4. berdiri pegangan da mantap, bs keliling2 di babybox. Skrg belajar berdiri tanpa pegangan, baru sejak sabtu kemaren siy tau2 liat dia lepas tangan ada sekitar 2 detik gitu truzz pegangan lagi. Kl dititah jalan msh langkahnya gede2 tuh...Waktu kmrn nyariin kos buat dd gw, sempat ketemu anak yg umurnya 9m+ da jago jalan dititah maminya, wilbert msh blm bisa neh..blm lancar ayunan langkah kakinya.
5. manjat, apa aza yg bs ditahan langsung mulai manjat..apalagi kl lg maen di lantai ma dia..dia bs manjat naek ke paha kita hbs itu mo naek ke sofa. gw perhatiin kl berdiri pegang pintu kaca tv da bs hati2 dia..takut kali yah..kmrn ini sempat jatoh benjol biru hehe..jd dia tau sekarang ga bs 2 tangan pegang pintunya krn licin harus satunya pegang samping pintu kaca yg tempat taroh cd hehe..lucu yah..
6. liat org makan apa aza minta..mamamm. So far, dia da gw ksh mkn apa aza tuh es krim jg da brp kali gw ksh icip2 hehe..bakpao, roti, bolu dia jg doyan. Mudah2an dia ga milih makan nantinya.
7. suka gigit orang ato maenan dia kl da gemes, kl digendong pas lg gemes tangan kita yg dicubit ma dia..sakit bo' tenaganya kuat..berapa hari ini tidurnya agak rewel tengah malam suka bangun gw curiga mo numbuh gigi lagi tp blm sempat gw cek.
8. jatuh bangun hehe..kayak lagu dangdut aza..suka jatoh2 sekarang truzz bangun sendiri..dibiarin aza kl kita teriak malah nangis dianya kaget hehe..sekarang demennya maen di lantai..pernah sekali waktu itu keambil tissue gulung..cepet banget tangannya, ga tau kpn jg hbs itu gw langsung buru2 ambil krn dia masukin tissuenya ke mulut tp ga sempat tuh tissue da keburu masuk di mulutnya..ujungnya sobek dikit digigit ma dia truzz gw buka mulutnya mo keluarin da ga ada hikss..da keburu ditelan ma dia...
9. nyanyi2 sambil joget2 nada doremi tp kata2nya "hahahaaa" diulang2 truzz sambil goyang2 badan, skrg kl dinyanyiin Liang ce lau hu & san lun che msh suka loncat2.
Skrg pupnya msh 2-3x tuh..lbh sering 3x, tdnya gw jg pikir dia makan kebanyakan tp sepertinya gak tuh malah gw liat jovan mkn buburnya lbh banyak dr wil wkt kita ke ancol dulu, kt maminya habis tuh biasanya..gw sebenernya agak bingung soal jumlah yg hrs diksh ke bayi jd selama ini cuman dikira2 aza kdg sisa bbrp sendok kl liat dia da "oek/bersendawa" gw da stop. cemilannya jg paling biskuit, skrg dia sich ada cemilan baru dibeliin lin thai2 truzz skrg gw lg ksh latihan yogurt ke dia. Hr itu beli elle&vire yg plain sweet tp dia ga doyan2 banget cuman mkn stgh, gw coba msh ada sdkt asemnya.
Truzz gw diksh tau mommy nathan yg merk yoplait lbh kecil kemasannya ktnya yg vanilla & banana paling ga asem diantara semua rasa..agak susah nyari 2 rasa ini tp kmrn ketemu jg cuman expired datenya agak deket sampai akhir oct. Gw liat hampir semua gitu tuh jd cuman beli masing2 satu dulu nyobain. Eh, semalam lin thai2 telp gw ktnya dia lg bikin yogurt malam ini mo diksh asikk..dulu waktu gw hamil pernah dibikinin dia rasanya sama loh ma yg dijual itu..rasanya enak dan ga asem..ktnya boleh tambah dikit gula kl mo ksh mkn wilbert bagus buat pencernaan..so gw mo coba deh nanti biar pupnya lancar..dulu waktu hamil yogurtnya gw campurin ke buah strawberry or sunkist enak nyam2x ^_^

Snack2 ini dia da bs makan, ga takut keselek lg hehe..yg "guai2" lbh enak cuman krn yg diksh rasa coklat jd ga berani ksh banyak, enakan yg keju nanti dia balik taiwan lg dibawain hehe..di sini blm ketemu ada yg jual tp biasanya kl wilbert mkn paling brp pcs doank takut kebanyakan panas dalam..
Mommy minta dong hehe...diksh loch ma dia...mau?? ^_^

Rambutnya skrg da panjang tuh..kt pho2 ma daddynya suru panjangin aza lbh lucu bs jadiin kayak baim wong hehe..rambutnya halus banget, dinaikin bntr jg da turun lg..kl hbs bangun tidur tuh lbh awet hehe..

Dah lama ga berenang minggu lalu gw bawa dia berenang ke bawah lg, pas liat tuh kid's pool br dibersihin dan airnya jernih, jd jam 8an gitu turun deh ma daddy bertiga sekalian sunbathing di kolam. Untung ga nangis hehe..bedanya skrg dia mau berdiri sendiri di pinggir kolam, ga mau dipegangin jd mau ga mau daddynya awasin dr dekat..

Maenannya bs diisi air truzz dipencet nyemprot hehe...dia suka mencet2 ampe kena ke mukanya truzz kegirangan sendiri, semua anak kecil demen maen air yah hehe..



Hbs berenang haus deh...ampe habis tuh satu botol air minumnya hehe..

Skrg kemana2 gw bawa gendongan ini biar bs digendong daddynya hbs suka bosen kl di stroller kelamaan sedangkan gw ga kuat kl gendong lama2...Kemaren gw coba nimbang di rumah pk timbangan digital beratnya 10.5kg, naeknya dikit amat yah bulan lalu 10.4kg tingginya sich gw ga ukur bulan lalu msh 73cm skrg harusnya naik krn keliatan lbh tinggi.

Tuh liat tampang badungnya skrg hehe..kl da di mobil maunya pegang setir melulu, minggu lalu untuk kedua kalinya gw bawa dia maen di amazone, mal artha gading dia excited banget maen mobil2an itu :)
Tangannya da ga bs diem, liat apa aza langsung mau diambil apalagi liat gantungan yg di mobil daddynya ini..suka ditarik2 ma dia..
Foto ini da hampir sebulan yg lalu pas lg ada pameran odol anak2 di diamond mal artha gading. Untung dia ga takut malah mau pegang2 tuh boneka bear, jd foto bareng deh :-)
Ngmg2 ga berasa udh sebulan ini gw ga bikin menu baru buat wilbert, wiken kmrn kan pegi melulu ceritanya hehe..sibuk nyari kost truzz yg waktu bokap datang jd tiap minggu kl berangkat pagi gw ga masakin bubur lg tp bawa bubur yg gerber yg botolan itu. Minggu yg baru lewat ini jg sibuk ngurusin dd gw pindah kost truzz minggunya ciu2 gw (koko nyokap) dateng jd gw ajak mkn xiao long bao ke PI. Hr itu mkn ma bokap udh ada disc pk HSBC 50% ternyata ampe skrg msh loh hehe..boleh tuh..gw paling doyan lamien xiao long bao disana jarang2 disc ampe 50% cuman ngantrinya ngebetein dr dulu..hampir sama ma taipan..heran gw :( dulu2 ga ampe separah ini loch ato mungkin orgnya dikit yah...kmrn ini gw ngantri ada stgh jam lbh br dpt meja hikss..mungkin kita sekali datang rame jd susah dpt meja atau bs jadi rame gitu krn pas disc jg.
Waduh jd panjang deh ceritanya hehe..mo BW dulu ah..

No comments: