Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Monday, January 14, 2008

Global Warming

Hr ini mo lunasin utang ahh hehe..sorry br sempat kerjain pe-ernya feb ;)
Topiknya mengenai 7 usaha pengrusakan lingkungan yg tanpa sadar kita lakuin yg ternyata berdampak pd bumi ini menjadi semakin panas :(
1. Sampah
Ini yg paling berdampak kl menurut gw. Org2 disini msh blm sadar akan kebersihan dan msh seenaknya buang sampah sembarangan. Tiap hari ngantor lewat sepanjang jalan cacing yg kanan kirinya tempat pembuangan sampah ugghh..kotornya, dan hampir tiap hari tuh sampah dibakar. Gw sendiri jujur kadang suka buang sampah sembarangan tuh, spt bekas seal aqua :p (sama spt lu feb hihi...)
2. Listrik
Tagihan listrik gw tiap bulan 700-800rb. Dulu sblm punya anak paling 300an tuh, kali gw tinggal apartment jg seh yg tarifnya agak mahal dr perumahan. Pdhl gw da berusaha irit tp tetep aja tagihan ga beda jauh tuh hiikkss..Kl gw paling parah di pemakaian AC deh kayake krn wilbert ga tahan panas. Dia tuh gampang keringatan bahkan di ruangan ber-AC pun msh suka keringatan. Jd AC di rumah gw salah satu kudu nyala truss terutama kamar gw kl wilbert lg tidur ato maen. Kl malam hari nyalain 2AC krn ada nyokap. Pemakaian water heater jg boros krn pake listrik, gw ma hubby da biasa mandi air hanget soale..truss gw jg ga demen gelap, jd kl di rumah semua lampu kudu dinyalain kecuali kita pergi atau pas malam sebelum tidur sisain lampu dapur doang. Mesin cuci jg boros krn gw sering nyuci apalagi baju2 wilbert dan baju2 gw cuci terpisah.
3. Air
Hmm..sama, untuk urusan air gw jg boros. Ini jg da irit banget pakenya ga kayak dulu waktu sus wilbert ada bs pakenya 30 m3/bln, boros bgt kan si umi. Ampe kesel gw omelin, tarif air di apartment gw 10rb/m3 :( Kebayang dong mahalnya..skrg ga pk sus tiap bulan paling cuman belasan. Borosnya paling buat cuci mencuci...cuci sayur buah daging baju dll sedangkan untuk sprei & bed cover tiap 2 mg sekali gw laundry...ga ada tempat jemur soale.
4. Kantong plastik
Semua moms sama neh kayake hehe...gw jg kl belanja suka minta lebih plastiknya buat kantong sampah di rumah hehe..dan gw suka ngumpulin paper bag jg tuh apalagi kl yg bahan dan designnya bagus2..suka gw simpen, dr segala ukuran gw punya :p kdg diomelin ma laki gw buat apa, tp sering berguna tuh spt kl gw mo pulang medan kudu handcarry sesuatu hehe..
5. Tissue
Gw jg boros pk tissue hiikkss..di rumah gw segala bentuk tissue ada, di toilet ada tissue yg pk core, ruang tamu pk yg tanpa core. Dapur pk tissue gulung yg panjang dan agak tebel itu buat masak2 ato goreng2 ditatakin gitu biar minyaknya nyerep truss kamar tidur gw pk yg tissue p*se* ply satuan2 gitu biar gampang ambilnya (bersihin pup wilbert) plus tissue basah jg yg ply. Tiap tas tersedia 1-2 bks kecil tissue kering dan basah kl sewaktu2 perlu buat lap tangan dan muka terutama wilbert kl hbs mam/maen. Ada jg tissue buat muka di rumah, kapas buat bersihin muka :( gimana yah..semua perlu seh paling gw mulai iritlah skrg..
6. Hair dryer & catok rambut
Dua2nya gw pake. Kl hbs keramas ga keringin pk hair dryer takut sakit kepala krn gw keramas suka malem. Catok rambut hampir tiap hari sblm ngantor krn gw ga bs keluar rumah kl rambut gw ga rapi hehe..kecuali kl rambut gw diiket :p tp skrg gw da mulai kurangin tuh, listrik mahal soale hehe...tp kl ke salon sama aja yah hihi, hairspray gw ga pernah pake kok :p jarang banget.
7. Kertas dan barang2 sekali pakai buang
Kantor gw termasuk yg irit kertas bgt, selalu pk kertas bekas buat terima fax. Dulu ngeprint jg kudu kertas bekas, jadine malah printernya sering ngadat krn rollnya rusak hehe..kertas bekas kan kadang suka lecek hihi..akhirnya skrg ngeprint pk kertas baru truss untuk barang2 sekali pakai buang yg gw pake paling plastik tangan, buat cuci daging krn gw takut pegang daging mentah hiikkss..kl nyokap ga sempat bersihin gw deh jadine...potong2 buah jg kdg suka gw pake, dulu gw suru susnya wilbert harus pake siy skrg da ga kok.

Msh banyak deh kayake, ternyata gw termasuk salah satu perusak lingkungan jg yah..kudu instrospeksi diri neh spt kt mommy jes, kasian anak cucu kita nantine ga bs menikmati keindahan bumi :p

1 comment:

Anonymous said...

Thanks ya udah bikin PRnya :)
Hmm, ternyata moms ga beda jauh yaa kelakuan dan hobbynya ... hehehehe
btw, kenapa takut pegang daging mentah Ver?