Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Wednesday, December 3, 2008

Hasil medical check up hubby neh :(

Bbrp hari ini gw bawaannya bete melulu gara2 hubby yg bikin gw kesel :(
Sebenernya bukan masalah gmana seh cuman krn type hubby yg terlalu workaholic menurut gw jd kadang suka lupa diri ajah terutama ama kesehatan dia sendiri tuh yg bikin gw sebel.

Sejak bbrp bulan yg lalu pergelangan tangan kanannya sering sakit truss bs lanjut ke telapak tangannya jd pegel dan kesemutan ga ada tenaga. Tp ga lama nanti ilang sendiri, begitu jg kadang kakinya yg suka bgtu. Dasar dianya yg super duper auban ga pernah mau dengerin gw untuk medical check up. Tarsok melulu...

Ampe jumat kmrn pulang dr kantor tangannya tiba2 sakit lg, kali ini sakit bgt akhirnya dia sadar dengan sendirinya mau melakukan medical check up di lab prodia pekan baru. Adenya sendiri dr.Widy yg bikin surat pengantar ke lab.

Dr hasil cek darah, keliatan fungsi hati, ginjal dll semua ok. Yg ga ok itu kadar kolesterol dalam darah. Kadar asam lemak jenuhnya tinggi banget 2x lipet :( pdhl itu termasuk salah satu kolesterol jahat dlm darah sedangkan kolesterol baek (HDL) dibawah batas normal *sigh*
Trigliserida : 329 mg/dL (normal dibawah 150 mg/dL)
LDL : 103 mg/dL (normal dibawah 100 mg/dL)
HDL (kolesterol baek) : 35 mg/dL (normal diatas 40 mg/dL)
Kolesterol total : 184 mg/dL (normal dibawah 200mg/dL)
Udh itu tes EKG (Elektro Kardio Grafi) bagian jantung, kt hubby ditempelin alat 6-7 titik di dada sblh kiri posisi jantung dan ternyata hasilnya ada suspect jaringan otot jantung bagian bawah mati alias tidak berfungsi. Br suspect siy tp bahaya jg kt widy, kudu dicek lbh detail takutnya nanti bs efek ke jaringan otot laennya. Kl memang benar adanya harus diobati, emang ada bbrp kasus yg bgtu meskipun ga fatal dan kita tidak berasa apa2. Efeknya nanti lama2 baru ketauan kl da parah :(

Akhirnya td pagi hubby ijin stgh hari minta widy temenin konsul ke dokter spesialis jantung di RS.Santa Maria. Denger begitu gw jd takut bgt, apalagi si widy ksh tau kl dada sblh kiri suka sakit bs jd salah satu gejala ini. Hubby bil emang dadanya pernah sakit hiks...gw jg sering tuh ngalamin dada sblh kiri sakit kl nafas tp brp hari nanti sembuh sendiri. Dulu gw pernah nanya nyokap ktnya kdg angin jg bs or kecapean. Jd takut dh gw skrg mau medical check up jg nanti.

Hbs konsul ma dokter spesialis jantung disana, hubby disuru tes treadmill dulu buat mastiin. Kl perlu baru tes echo spt yg widy saranin. Tes echo ini semacam usg bagian detail jantung gituh. Dan ternyata dr hasil treadmill ga menunjukkan ada yg aneh ma jantung hubby, kemungkinan suspect itu tidak terbukti berarti dan tidak perlu berlanjut ke echo test. Thanks God! Kt dokter emang alat perekam jantung itu sensitif bgt, posisi pasangnya harus pas dan ga boleh bergeser sama sekali kl gak bs error.

Gw ga tau kok bs salah suspect gitu alatnya tp untung ga napa2. Dokter cuman resepin obat zumafib micro yg 160mg selama sebulan untuk membantu nurunin kolesterolnya. Mulai sekarang kudu olah raga dan jaga makan, terutama krn trigliserida hubby tinggi bgt disuru atur pola makan yg sehat, perbanyak mkn sayur dan ikan plus kurangin makanan yg mengandung asam lemak jenuh terutama yg digoreng dan makanan dr tepung spt mie, roti, santan plus seafood. Yg terakhir ini neh yg agak susah hehe...udh keburu janjian ma anast cs lg mo mkn seafood krn gw dpt voucher 150rb dr istri babe di mega kuring sini :p batal dh.

Skrg br takut tuh hubby, mulai ngajak gw tiap 6 bulan sekali regular check up untuk jaga2 ktnya. Pdhl dr awal gw da wanti2 suru dia cek up ga mau, toh dpt asuransi kesehatan dr kantor ini, minum suplemen jg ga rutin kdg inget kdg gak *sigh* kl gw pribadi takut bgt sakit meskipun cuman flu biasa apalagi semenjak punya anak. Gw takut ga boleh deket ma anak gw kl lg sakit hehe...

Pelajaran niy yah buat teman2 semua, meskipun kita msh muda hehe..dah ga muda lg seh sebenernya da masuk kepala 3* hihi...meskipun berat badan kita normal blm tentu sehat loh kayak kolesterol gitu kudu dicek sedini mungkin buat jaga2 aja biar bs atur pola makan spt apa :)

Spt kasus hubby diatas meskipun suspect dr hasil lab tidak terbukti tp dokternya tetep saranin tiap taon kudu check up buat jaga2. Aneh jg loh pdhl sejak pindah ke pekan baru kita jarang makan keluar tuh, kan gw masak tiap hari kecuali wiken dan makannya jg chinese food melulu. Seafood malah sama sekali ga pernah. Udh itu banyak yg bil dia kurusan, gw yg tambah gemuk krn ngemil m'lulu :p tp at least skrg da tenang dh tau hubby sehat2 aja paling pulang nanti gw ga jd pesen catering rantangan dh harus masak sendiri buat dia.

Jujur sebenernya gw jg paling takut ama yg namanya medical check up kayak papsmear gitu, gw takut kl hasilnya ga bagus jd kepikiran hehe..pdhl kl dipikir2 malah bagus lbh cepat tau biar bs diobati drpd terlambat. Kesehatan bener2 tiada duanya dh meskipun duit kita banyak tp kl sakit jg percuma. Mulai skrg gw kudu mulai pola hidup sehat demi wilbert :D Rencana gw mau balik ke pku senin nanti tgl 8. Sampai disana mo survey tmpt fitness kt hubby hehe...olah raga neh ;)

Bener2 ga terasa yah da masuk ke penghujung tahun, sptnya taon ini bukan taon keberuntungan gw dh :) banyak kejadian2 yg ga diinginkan. Mulai dr wilbert yg bolak balik sakit melulu stgh taon lalu, masalah maid, nyokap, hubby dll *sigh* namanya jg hidup yah hehe....udh itu impian gw taon ini jg msh banyak yg blm tercapai, semoga next year bs lbh baek lg dh :D

2 comments:

Anonymous said...

Sigh ...
moga2 taon depan lebih bagus, lebih cerah, lebih banyak rejeki, lebih sehat, lebih keren, dan lebih sukses buat kita semua!!

Caiyooo Ver .... makan seafood masiy bisa koq, kita pesen ikan2an aja ;)

golden-flowery said...

tiap orang punya masalah Ver... sm laki gw juga bandel, gak bisa kurangin smoking,hhuuhhh sebel bgt dah... ASe jg sakit mulu sejak gw jaga sendiri, kata nyokap gw siy mungkin emang anak itu bisa gedenya sm dokter n obat... blom lg pembokat, tiap kali cuma kerja 3 ato 4 hr, jadi cape deh... so gw cuma pake tukang cuci, abis gosok baju n nyapu ngepel udah deh pulang... lebih santai malahan tanpa pembokat, mana apartemen kecil gini jadi tambah sempit klo pake pembokat hehehe...