Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Tuesday, December 30, 2008

Wilbert 2y 2m

Liburan akhir taon ini ga kemana2, waktunya lbh banyak dihabiskan di rumah ^_^ santai, ntn, mkn, tidur dan ngemal kl bosan :p wilbert yg paling seneng krn daddynya di rumah terus setiap hari. Sejak balik kesini kerjanya makan melulu tuh dia, keliatannya sih gemukan hehe...

Skrg dia udh mau tuh ama si sari, maid gw yg baru itu. Lucunya skrg malah demen ngoceh pk bhs indonesia kl ditanya, lg seneng ngmg "mau, apa, ikan" dll.. Tp gw merasa bakal tambah pusing deh si wilbert secara komunikasinya ampe skrg msh blm lancar, msh putus2 kl ngmg dan bahasanya msh nyampur antara mandarin & inggris plus hokkian dikit2.

Ternyata ngajarin anak pk multi bahasa bs bikin pusing tuh, gw yakin bgt dia pasti bgtu krn meskipun gw ngmg ke dia pk mandarin dr kecil tp di lingkungan keluarga besar gw itu kan msh banyak yg ngmg hokkian, terutama bonyok dan mertua gw...malah kdg2 gw sendiri ama hubby jg ngmg hokkian tuh. Gmana ga pusing coba dia *sigh* sedangkan kl pegi2 dia lbh banyak denger org2 ngmg indo :(

Kosa katanya udh banyak bgt tuh pdhl tp cara penyampaiannya msh kurang bgt menurut gw, blm bs tanya jawab spt layaknya anak balita yg udh pinter ngmg gitu.

Bawel siy bawel dia, ditanya apa bs jawab tp kebanyakan msh pk bhs planet. Lama2 gw pikir apa salah satu kendalanya di multi bahasa yg dia denger sehari2 itu yah? Moga2 dia bs cepet ngmg lancar spt temen2nya yg laen dh krn selama ini cuman gw or daddynya doang yg ngerti maunya dia apa, kan lbh oke lg kl bs berinteraksi lgsg ama org laen spt bawelnya jovan or nicky hehe...pasti lucu bgt kl 3 anak cowo itu bs ngobrol satu sama laen kl ketemu :D

Untungnya sekarang badungnya udh berkurang hehe...itu yg paling penting ;) skrg dia udh lbh ngerti kl gw marah, udh mau say sorry ke org kl dia salah. Sblm megang barang pajangan di mal misalnya, dia pasti selalu manggil or liat ke arah gw, kl gw ksh isyarat "yes" br dia berani megang tp kl gw bilang "no" dia ga berani tuh, kdg suka sentuh dikit pk jarinya isengin gw :p

Gw emang agak keras ke dia, kl nakal gw hukum dia di naughty chair, jd ada satu kursi yg agak tinggi di rumah gw dan gw taroh kursinya di sudut ruangan jd kl dia nakal dan dibilangin berkali2 msh ga mau ngerti, gw dudukin dia diatas kursi itu ksh tau salahnya dimana dan dia kudu bener2 say sorry dulu br gw turunin.

Cara ini gw ikutin program tv the nanny yg di metro tv :p ternyata lmyn efek loh, jd dia tau kl dia tuh salah dan harus bener2 minta maaf ke org2 yg dia sakiti. Kl dulu kan suka teriak2 tuh dia kl lg kesel, or tiduran di lantai kl ga seneng dibilangin. Skrg udh gak tuh :)

Skrg dia lg demen nulis2, coret2 dan gambar mewarnai pk crayon di buku. Bs belajar sendiri tuh dia ngoceh2 apa yg dia liat di buku2, hitung2an jg da bs. Kl ga tau namanya dia bs mampir ke gw nanya itu apa :p kasian jg seh da lama ga skul dia, ini gw mo bawa dia balik ke medan lg minggu dpn pdhl harusnya dia da mulai sekolah tgl 5 nanti, terpaksa dh cuti lg ampe hbs sincia br skul.

Pupnya jg dah lancar tuh, sblm balik kesini kmrn udh konsul panjang lebar dgn dr.hanifah dan komplitin semua imunisasi dia biar disini ga ush ke dokter lg :) ampe skrg msh disuru catet type2 pupnya, sorbitolnya jg msh harus diterusin dulu ditambah laxoberon 3 s/d 5 tetes di malam hari.

Dokter bil perutnya siy da kosong cuman krn anak2 yg konstipasi dr kecil kudu diilangin rasa stresnya krn kl stres pengaruh ama pupnya, suka balik menjadi keras lagi. Kayake bener seh gw liat pupnya wilbert kdg suka balik jd keras lg 1-2hr tp hbs itu gak. Aneh...

Udh itu sewaktu di jkt kmrn sempat bbrp hari suka gerak2in pundak kanannya kl bosan or kesel. Gw sempat tanya dokter dan ktnya itu "tic" pd anak, utk umur segitu msh normal ktnya, nanti bs sembuh sendiri dlm jangka waktu 2-3 bulan. Ktnya tic pd anak itu bs macam2, mulai dr kedip2in mata or hentak2in kaki dll. Anak kecil bs bgtu krn dia stres (bukan stres org dewasa tp stres anak2). Kl yg terlalu sering dan parah harus di terapi dan minum obat.

Hbs itu dokter nanya gw apa sering marahin si wilbert, kaget jg gw waktu dokter nanya gitu krn emang gw merasa waktu itu suka kesel sendiri kl dia berulah or suka berantakin maenannya. Wkt itu krn gw cape bgt ngurus dia, masak plus bersihin rumah sendirian tanpa maid sedangkan dia lg badung2nya *sigh* jd mungkin aja gw terlalu ngebatesin aktivitasnya wkt itu jd bgtu dia hiks...

Bener2 gw baru tau kl anak sering dimarahin bs memicu tic ini. Waktu lg ngantri di ruang tunggu dokter jg gw coba perhatiin bbrp anak kecil yg lg maen ternyata ada bbrp yg tic loh, bistu gw ksh tau dokter soal ini dan dokternya bilang iya.

Untung siy waktu itu ga ampe seminggu dia tic, gw takut bgt tuh kl ampe dia ga sembuh gara2 gw :( waktu itu lmyn sering jg sehari bs ampe 3-4x gerak2in pundak kanannya naek turun gitu secara reflek tp hbs itu gw coba sabar dan bikin dia se-comfy mungkin truss gw perhatiin berkurang tuh tic-nya dan brp hari jd ilang sendiri. Tp kl dia lg kesel bgtu lg tuh.

Skrg siy udh gak pernah lagi, untung dh...tp kl gw liat dia bgtu gw suka alihin pk lagu duckie duck yg di film barney sambil suru dia kepakin 2 tangannya bukan satu tangan sambil nyanyi lagu "quack quack" truss nanti dia ikutin tuh naik turunin 2 tangan dan pundaknya sambil ngoceh2 "quack quack" sendiri :p

Berasa bgt susah ngajarin anak skrg, mana tahan yah kl ga marah *sigh* kayake gw kudu belajar lbh sabar lg mulai sekarang. Repot jg ternyata jd orang tua...

Semoga di taon baru mendatang wilbert lbh kuay yah ^_^
Dan meskipun semua impian gw di tahun ini blm tercapai, semoga taon dpn bisa tercapai :p
Happy new year & Happy holiday to you all...

4 comments:

Arman said...

iya kemampuan ngomong anak2 emang beda2. gak papa lah harusnya...
si andrew juga nih masih kadang belepetan ngomongnya. hahaha. soalnya ngomongnya jadi campur2 indo ama inggris. jadi kaco banget dah... contohnya: it's a mobil! gimana coba.. hahahhaa...

Anonymous said...

Ver, jd nti Wilbert bs ada 4 bahasa dong yah.. Indo, Hokkian, Mandarin & English. Wew!!! Asyiiik deh.. Bnrn anak masa depan :)

BTW gw jg br tau ttg tic itu? Abis gw blm prnh aware ama 2K gitu? Coba nti kpn2 gw perhatiin deh.. Tapi yg pasti 2K kalo dimarahin uda bs omel2 balik jg sih ;p
Mungkin pelampiasannya kesono ngkali yah? Hehehe..

Ver, krn besok jg uda taon 2009, jadi sekalian deh gw mo ucapin Happy New Year aja dari sekarang for you and your family!
Moga2 taon depan semuanya lebih baik, byk rejeki and berkat berkelimpahan yah :)

Vera said...

@ arman : hehe sama tuh berarti man, si wilbert kl ngmg jg gitu.."mommy, see..fei ci" pesawat maksudnya haha...

@ fen : 2K da bs bales omelan emaknya siy yah haha... tp kt dokter tic ini lbh rentan tjd ama anak2 yg umur 5taon ke atas fen dan ujung2nya sarafnya bs terganggu jd harus diobati pk cara terapi dan minum obat kl da terlalu sering..so far ga berbahaya emang tic ini cuman jd bad habit yah lama2.

happy new year jg fen, all the best yah hehe...

Anonymous said...

Happy New Year Ver :)

Mang susah jadi mommy masa kini. Gue berasa liburan pendek banget looh, capek 24 jam bareng anak2 dirumah. Mana pada lagi bawel2nya lagi ... hehehehhe.
Nick juga lagi nempel2nya ma gue, apa2 mo sama mama, mak, kong & papanya gag digubris booow ...

Sekali lagi, salut buat FTM ;)