Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Monday, November 17, 2008

Get well soon mom...

Stress bgt gw kmrn, pagi2 da dpt kbr buruk dr ade gw ktnya nyokap jatoh :(
Skrg nyokap lg di penang, m'sia temenin ade ke2 gw cek kandungan disana. Udh sejak rabu kmrn mereka disana dan rencana minggu balik medan truss nanti rabu ini mo kesini temenin gw.

Kt ade gw kejadiannya pagi2 sblm brgkt ke airport, mereka harusnya naek pswt pagi jam 9 tp ga jadi pulang. Spt biasa selama di penang mrk tinggal di rumah uncle peklai, temen bokap. Truss jam 7an gitu da siap2 mau brgkt ke airport dianterin uncle eh tau2 nyokap bil dia lupa sembahyang datuk-kong yg di blkg rumah uncle. Biasanya nyokap kl kesana sering pai2 tp hr itu blm. Ga enak krn tinggal di rumah org, yasud ade gw ma hubbynya nunggu di mobil krn pikirnya pai2 cuman bntr ini.

Ternyata nyokap lama ga nongol2, pd nyusul dh ke dalem ternyata udh ngeliat nyokap stgh sadar gitu duduk tegang di kursi dan ga bs ngmg lg krn kesakitan. Kakinya berdarah banyak, ipar gw lgsg buru2 gendong ke mobil dan bawa ke rumah sakit.

Br dh hbs itu nyokap cerita kl dia jatoh di tangga semen yg di blkg tempat sembahyangan itu, ampe berguling dr atas ke bawah ada kali 3 meteran. Jd itu tempat sembahyangan adanya di gudang plg blkg, sedangkan rumahnya uncle peklai ini emang super gede dan adanya di atas bukit. Ga nanggung2 jg tuh rumah gedenya pdhl cuman tinggal berdua ma auntie, kedua anaknya da gede dan tinggal di amrik. Jd tinggal suami istri itu doang dan bbrp org maid yg dr indo. Mrk ini termasuk type yg percaya bgt ma fengshui2 gitu.

Nah, kebetulan tanah blkg yg jarang kepake itu ada satu tempat sembahyangan yg bawahnya dijadiin gudang. Mau sembahyang kesana hrs lwt satu pintu samping dr dalam rumahnya, jd ga lewat tangga semen yg tempat nyokap jatuh itu cuman di samping tempat sembahyang sana emang ada tangga dr semen yg bs turun ke bawah gudang. Krn lantainya jg dr semen biasa gitu ga rata, nyokap ga ngeh hbs pai2 krn buru2 truss kepleset jatoh dr tangga itu. Jatuh dr posisi duduk truss jungkir balik ampe ke bwh hikss parah yah :(

Teriak2 dh dia hbs itu tp ga ada yg denger krn org2 da nunggu di dlm mobil. Mau ga mau terpaksa sambil nahan sakit pelan2 dia nyeret kakinya manjat lg tuh tangga naek ke atas, baru dh manggil2 ade gw. Kebetulan ipar gw lg turun mo nyusul nyokap liat nyokap yg terkapar di kursi stgh sadar gitu kaget lgsg ga jd berangkat. Hbs bersihin luka nyokap, buru2 bw dia ke island hospital.

Sampai di rs, dokter lgsg x-ray bagian yg sakit dan ternyata kena tulang pinggang blkg nyokap. Retak tp ga sampai bergeser. Dokter ga ksh pulang lg krn nyokap ga bs duduk, disuru opname 3hr dulu ga boleh gerak samsek meskipun pipis atau pup harus tetap di tempat. Nyokap bil sakit banget ampe nangis, tdnya kakinya yg luka berdarah banyak dia ga berasa sakit akhirnya sampai rs jd tambah sakit, kena tulang kaki dpnnya jg luka memar hikss....

Gw ampe kaget stgh mati kmrn takutnya napa2, ktnya org tua kan ga boleh jatuh kan apalagi nyokap ada penyakit darah tinggi. Taon ini nyokap da 56y. Untung ga kena kepala tuh, msh untung...soalnya di bwh sana banyak batu2 hias gede koleksi uncle, gimana kl ampe kebentur kepala coba. amit2 *** Ampe stress bgt gw kmrn ga tau hrs gmana, laki gw ga ada disini lg hikss..sedih dh. Akhirnya ade gw suru bokap nyusul kesana tp ternyata paspor bokap da hampir hbs masa berlakunya (dibwh 6 bulan) ga bs berangkat :( terpaksa dh nunggu hasil dokter nanti 2 hr lg liat gmana.

Sementara skrg nyokap dijagain ipar gw krn ade gw lg hamil, nyokap ga ksh dia jaga. Bingung jg tdnya ipar gw kudu pulang krn hr ini ngantor terpaksa dh batal. Bokap ga bs berangkat pula, ade ke3 gw da punya 2 anak sedangkan ade cewe gw yg paling kecil kudu handle kursus baletnya krn ade ke2 gw ini yg lg hamil sedang cuti. Dan gw yg disini pgn nyusul tp gmana caranya? bw wilbert kesana ga mungkin, tambah repot nanti pgn suru ade cowo gw yg lg kuliah di binus kesana tp lg ujian tengah semester minggu ini *sigh* liat keadaan nyokap 2 hr ini dh kl da bs duduk dan diijinin pulang ma dokter mo balik medan aja krn naek pswt cuman stgh jam.

Nyokap gw ini termasuk org yg tegar tuh...dr dulu ketimpa masalah ga pernah ngeluh, br kali ini jatohnya parah dia keliatan sedih bgt. Kmrn gw telp, dia bil ke gw kok bs apes bgt nasibnya ampe jatoh dan masuk rs, pdhl kmrn ini kakinya baru sembuh. Lututnya sejak stgh tahun terakhir ini sering sakit dan ga bs jalan lama. Bolak balik berobat ke dokter tulang di penang tp ga sembuh2.

Akhirnya kali ini kesana ganti dokter ama dokter yg skrg tangani dia br mendingan. Ktnya urat di lututnya infeksi jd sering sakit. Emang siy setaonan yg lalu nyokap pernah kepleset di kamar mandi, memar lututnya dan cuman urut sendiri pk arak aja ga taunya ga sembuh dan bekas jatohnya itu jd infeksi skrg. Tp hbs minum obat dr dokter ini da ga gitu sakit ktnya, makanya da seneng bgt dia mo jj ke jkt pgn belanja barang2 sincia di mangdu ama gw nanti eh skrg malah di rs :(

Biasanya nyokap gw itu orgnya aktif bgt ga bs diem, kita2 yg jd anaknya yg sering ngerepotin dia. Tiap ada apa2 larinya ke nyokap, minta nasehat ke dia mulai dr urusan jaga anak ampe cara masak memasak. Nyokap gw kuat tuh dr dulu, super woman bgt mulai dr urus anak, masak, urus bokap yg sakit stroke dulu ampe urus rumah termasuk pho2 yg msh tinggal bareng kita ampe skrg. Dr muda ampe skrg jarang pegi2 bareng temen2nya krn pho2 gw rada kolot ga demen dia keluar rumah. Parah dh punya mertua kayak pho2 gw, skrg aja neh br sadar dia kl cuman nyokap yg mo terima dia, yg laen mana mo urus dia tuh..giliran da sakit aja pho2 gw ga ada yg mau tau. aneh keluarga dr pihak bokap gw ini dr dulu *sigh*

Ini kedua kali nyokap masuk rs. Dulu pertama kali masuk rumah sakit 4 taon yg lalu sewaktu operasi kista dan angkat rahim di penang jg. Wkt itu aja dia msh kuat tuh, sedih bgt dh dia suru gw undur tiketnya yg ke jkt jgn dibiarin hangus ktnya, dia msh mau kesini . Ktnya udh beli ini itu buat wilbert termasuk minta "hu" sembahyang buat dipake wilbert hikss...

Nyokap gw dr muda paling kasian nasibnya. Sejak merit ama bokap msh tinggal serumah dgn mertua + adik2 bokap. Adik bokap semuanya wkt itu msh blm merit dan suka begoin nyokap tuh, mulai dr pagi2 disuru nimba air buat seisi rumah ampe urusan beres2 rumah dll. Yg laen bangun pagi tinggal mandi. Even lg sakit or lg hamil gw dulu pendarahan ampe bedrest di rs tetep hbs pul ke rumah ga lupa ngisi air di bak tuh buat mereka. Bangun jam 2-3pagi krn dulu rumah bokap airnya ga keluar lg kl da subuh. Kung2 gw yg paling sayang ma nyokap, selalu ikut bangun temenin nyokap dan kdg suru nyokap tidur dia yg nungguin airnya penuh.

Keluarga bokap 9 bersaudara, 4 cowo dan 5 cewe. Bokap di urutan ke3, diatasnya ada alm.koko plg gede yg kurang mampu tinggal sendiri ama istrinya dulu dan satu lg koko yg kaya tp ga mau tinggal bareng ama pho2 gw termasuk adenya yg ga mau tau apa2. Udh itu bokap gw termasuk anak yg sayang ma mamanya jd dh bokap gw yg harus terima kung2 dan pho2. Sejak ade2 bokap blm merit ampe merit semuanya nyokap yg bantuin tp tetep dibilang jahat tuh ma mereka aneh. Banyak masalah banget dulu pho2 gw ama mantunya yg laen tp ama nyokap gak tuh krn nyokap type yg ngalah, ga mau ribut orgnya. Kdg nyokap gw yg kecipratan omelan kl pho2 hbs berantem ma mantu2nya yg laen.

Yg paling ngerti nyokap itu yah kung2 gw tp da meninggal wkt gw kelas 6SD, dia yg selalu suru nyokap sabar ngadepin pho2 gw dan anak2nya. Hm...itu cuman salah satu contoh penderitaan nyokap dan msh bnyk yg laen sedangkan bokap gw dulu ga bnyk ngmg orgnya krn kerja pagi ikut kung2 gw jd koki masakan org bule di perusahaan airlines, udh itu nyokap ga pernah ngadu ke bokap lg jd dh telan pahit sendiri hikss...nyokap jg kasian bokap gw ktnya dr dulu bebannya berat krn kudu cari makan buat seisi rumah sedangkan sodaranya yg laen ga pernah mau share kl urusan duit krn bokap gw jg msh sanggup dan ga minta ma mrk yah dia org semua jg cuek2 aja tuh malah ada 2 sepupu gw yg ikut bokap, dijagain pho2 gw dr kecil.

Hbs semuanya merit agak lega seh emang nyokap tp tetep aja msh ada pho2 yg harus diurus sedangkan mantunya yg laen tetep ga mau tau. Sering berantem dh pokoke, mantu2nya yg laen berani adu mulut tuh ama pho2 sedangkan nyokap yg kena sasaran nanti. Tp nyokap gw ga ambil hati hbs itu tetep manggil pho2 gw lg suru mkn dll meskipun dicuekin nanti baek lg pho2 gw. aneh yah orgnya...

Stlh kita gede denger cerita nyokap digituin otomatis kesel dong yah, kdg mikir kok nyokap bego amat mo digituin ma ipar2nya. Untung skrg semua udh merit dan kita jg da pindah rumah sejak gw kuliah disini, ga tinggal di rumah kung2 yg lama lg. Waktu itu pho2 disuru milih mo tinggal ma anak yg mana eh blm apa2 semua da ngoceh dan berantem akhirnya pho2 gw tetep milih ikut bokap. Br sadar dia akhirnya bokap dan nyokap gw sayang ma dia selama ini *sigh* yg laen bener2 ga mau tau loh, pho2 gw aja ngmg ktnya matipun dia mo mati di tangan bokap gw. Kasian pho2 gw da tua 80an skrg tp anak2nya semua ga ada yg akur. Bokap doang yg akur ma semuanya tp ade2nya yg laen ada yg ga akur ma koko dan ini ga akur ma yg ini gitu. Pusing...

Moga2 pho2 gw bs sehat terus seh, dia baek cuman krn telinganya ringan aja kt nyokap suka digosipin ama anak cewenya ttg ini itu yg ga bener truss pualng ke rumah cari masalah ma nyokap *sigh* br brp taon terakhir ini dia sadar cuman nyokap yg mo nerima dia, kacau dh keluarga bokap gw dr dulu.

Kl keluarga dr pihak nyokap paling hebat tuh kl gw bil, ampe skrg tetep akur satu sama laen. Nyokap 11bersaudara 6 cowo dan 5 cewe. Nyokap termasuk cewe yg paling kecil tp ampe skrg jd tempat curhat semua koko,cici or ade2nya. Jd ada apa2 pasti semua larinya ke nyokap minta saran krn nyokap gw lbh pengertian orgnya, pd minta saran kl ada masalah keluarga atau anak sakit misalnya. Krn ini jg pho2 gw dan anak2 cewenya ga senang dulu aneh kan pdhl ade2 nyokap cuman dtg bntr. Kt ciu2 gw nyokap hebat bs tahan ama keluarga bokap puluhan tahun. Ciu2 gw semuanya kan tau keluarga bokap spt apa dulu.

Kdg gw mikir kasian jg tuh nyokap, dulu sewaktu lahir kita ampe 4 anak cewe diketawain org tuh..dulu msh tinggal di perumahan dalam gang kecil. Malah ada sodara jauh yg nanya ke nyokap apa ga malu lu bw 4 anak cewe lu keluar jj. Nyokap bil napa musti malu, lha bokap gw jg ga masalah, pho2 dan kung2 gw jg ga masalah kok tuh org yg sewot. Hbs itu selang brp taon kemudian ternyata nyokap hamil lg dan lahirlah ade cowo gw yg paling kecil.

Sampai hr ini, nyokap gw bs ngebuktiin ke org2 kl anak cewe jg sama hebatnya ama anak cowo :) ama tuh org yg suka sindir nyokap dulu semua anaknya kan cowo tuh, ampe skrg msh blm bs lepas dr tanggungan mrk even satunya da merit dan punya anak msh tinggal bareng serumah. Jd suami istri itu msh kudu kerja ampe skrg padahal umur anaknya sepantaran gw dan ade2 gw loh :p sedangkan gw dan ketiga ade cewe gw semenjak lulus kuliah dah lepas dr tanggungan bokap, tinggal ade cowo gw yg paling kecil yg msh kuliah di binus skrg.

Kebetulan ade gw yg ke2 dan ke4 itu ballerina. Udh dr kecil mrk bljr balet skrg da lulus dan ngajar balet di kursus yg msh milik keluarga hubbynya. Krn ade ke2 gw itu lg hamil terpaksa cuti dan ade gw yg paling kecil inilah yg bantu ngurusin kursusnya sedangkan ade gw yg ke3 ini merit muda da punya 2 anak skrg. Udh senang hidupnya haha...keluarga lakinya oke siy ;) tinggal ade cewe gw yg paling kecil yg blm merit tp da punya cowo.

Jd, bs dibilang gw dan ade2 gw semuanya da lepas dr tanggungan bokap nyokap dr dulu malah kita yg selalu yg ngsh duit ke bokap nyokap skrg krn da bs cari duit sendiri. Nah liat keadaan kita yg berhasil begitu sepupu2 gw dr pihak bokap banyak yg ga senang tuh, heran suka cari info sana sini nanti pho2 gw yg jd suka berulah kl da begitu, apalagi hbs telp or ke rumah anak2 cewenya. Pulangnya pasti resehin nyokap lg, ada aja nanti ini itu sakitlah ampe nyokap ga bs kemana2.

Dr kecil kt nyokap kita ada apa pasti sepupu2 gw lgsg dibeliin ama mamanya, ga mau kalah. Tiap kali nyokap beli baju sincia eh dia org jg sengaja beli model yg sama truss lgsg dipake pdhl dia org tau nyokap beli buat simpen untuk sincia nanti. Jadinya nyokap sebel kan hbs itu nanti sincia pas kita pake diketawain anak2nya. Nyokap bil sewaktu kecil gw suka nanya napa tp hbs dijelasin nyokap kita semua ngerti siy. Untungnya kt nyokap sewaktu kecil semua anak2nya kuai tuh, dengerin apa kt dia dan ga berani bantah. Kita diksh pengertian truss ga minta lg kl ga diksh...ga rewel spt anak laen. kok bs yah hehe...emang anak dulu ama anak skrg beda :p

Hm..jd curhat panjang lebar dh gw, jd lupa mau masak buat wilbert :p makanya skrg udh merit dan punya anak gw lbh bs berasa penderitaan nyokap spt apa. Kl gw pribadi ga bakal digituin, emang nyokap selalu wanti2 jd mantu org kudu ngalah dan harus bersikap baek terhadap org tua biar cari mkn gampang dan lancar. Tp kl ketemu org tua yg keterlaluan gitu apa bs dimaklumi? kesabaran kita kan ada batasnya yah..untung mertua gw ga begitu orgnya, msh taraf yg wajar2 aja hihi...that's why gw jg ga mau tinggal serumah seh biar lbh wangi kl jauh :p gw tau nanti kita jg bakal jd mertua org makanya belajar dr pengalaman jd orang tua nanti ga boleh nyusahin anak2nya yah hehe...

Get well soon mom...love u...

Ini niy bokap nyokap ama angel2nya hehe...dr kiri ke kanan gw, vivi(ade ke4), bonyok, juli(ade ke3) dan terakhir yenny(ade ke2) yg lg hamil. Foto ini diambil sewaktu kita jalan2 ke simalem resort, bulan juni kmrn :p

Dan ini foto keluarga gw sewaktu gw merit dulu :)

6 comments:

Yulian said...

Ver, jadi sedih juga baca crita elo tentang nyokap. Soalnya kisah nyokap mirip2 deh ama crita nyokap gw yang dulu tinggal bareng ama mertua & ipar2 cewe yg rese2.

Moga2 nyokap cepet pulih yah, biar bisa jj ke jkt.

Anonymous said...

Wah, Ver, baru baca apdetan lu...
Moga2 nyokap cepet baek yah...
Jadi diundur neh kita jalan2nya?

yhalim said...

semoga nyokap cepet sembuh ya ver.
sabar ya nyokap lu, makanya dah tua disayang anak2 nya deh :)

Anonymous said...

Elu paling mirip sama Juli yaa Ver??

Waaah, gue ikutan larut baca cerita soal nyokap elu ... ternyata masing2 keluarga punya beban dan cerita masing2 yaa??

Salut sama nyokap elu, gue siy dari dulu sering salut sama nyokap2 jaman dulu, beda sama nyokap jaman sekarang :) Bener, nyokap elu keliatannya pendiem ya Ver :)

Moga nyokap cepet sempbuh, karena nyokap bae sama orang2, moga2 doanya juga lebih banyak, jadi nyokap lebih cepet pulih juga ...

Jadi Will bisa ketemu pho2 lagi ... hehehehhe, jadi bisa ajak nyokap belanja2 ke Mangga 2 ;)

Salam buat nyokap ya Ver :)

*eh, elu koq gag ikutan belajar balet???*

Ellyse said...

moga2 nyokap loe cpt sembuh ya...

Arman said...

waduh.. moga2 cepet sembuh ya nyokap lu...