Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Wednesday, June 25, 2008

Hasil check up wilbert (Final)

Td sore da ambil hasil lab terakhir, ternyata wilbert kekurangan zat besi. Hasil reportnya sbb :
1. Besi --> 45 ; normal range 59 - 158 ug/dl
2. TIBC --> 321 ; normal range 228 -428 ug/dl
Hikss...kekurangan zat besi berarti awal dr anemia :( tp gw bingung kok bisa yah? Hemoglobinnya 12.2 g/dL msh dlm range normal, ga dibawah 11. Gw nanya ke dokter napa bs begitu, pdhl susu wilbert kan procal tuh, zat besinya bs dibilang lmyn tinggi kan makanya pupnya suka keras jd gw disuru dr.agus kurangin takarannya 1 sendok. Apa skrg gw balikin lg ke takaran seharusnya? Minum susunya jg msh normal kok sehari 3x 180ml. Udh itu dr makanan yg paling sering gw masakin wilbert adalah bayam, brokoli dan zucchini. Hampir tiap minggu pasti gw ksh makan ini gonta ganti. Setau gw ketiga2nya sayuran ini kan mengandung zat besi paling tinggi. Bener2 ga ngerti gw!

TIBC msh normal, itu merupakan zat pengikat besi tp krn besinya kurang yah jd ga optimal kerjanya kt dokter. Hrs diksh tambahan zat besi selama 3 bulan, truss gw disuru konsul ke dokter gizi jg kl bisa *sigh* gak deh, gw ga bakal ke ahli gizi soale gw merasa asupan gizi wilbert da optimal kok, gw yg masak sendiri. Ribet kl ampe hrs ikutin saran ahli gizi gitu pasti kalori2 kecil jg diperhitungkan. Selama ini menu makan wilbert jg gw ambil dr buku resep makanan bayi, enak bgt deh makanan anak gw ini ampe hubby aja doyan, kayak sup di cafe2 gitu ktnya hehe...gw pk susu dan keju soale, tergantung menu. Utk buah, juice dan yogurt jg sering gw ksh krn wilbert termasuk anak yg ga susah makan jadi gw ga terlalu susah bikin menu buat dia. Skrg dibilang anak gw kekurangan zat besi, yg menjadi pertanyaan gw adalah sejak kapan yah? Dokternya cuman senyum, hasilnya emang anak ibu kekurangan zat besi ktnya *sigh*

Maksud gw selama ini wilbert ga keliatan kayak org kurang darah dan msh aktif. Mana tau gw ternyata zat besi dalam tubuhnya sudah berkurang dr kmrn2 jadine fungsi darah merah yg menangkap oksigen untuk makanan sel dan jaringan tidak optimal kerjanya. Kt dokter meskipun anaknya tidak keliatan lemes dan aktif bs aja anemia. Demam, sakit-sembuh truss sakit lagi kayak wilbert kmrn jg bs jadi salah satu gejala kekurangan zat besi. Berarti gw yg kurang ngeh yah secara kmrn2 ini dia emang suka rewel dan gampang sakit. Ternyata gejala anemia :(

Kt ipar gw zat besi itu penting banget utk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah ini yg bertugas mengantar oksigen ke seluruh tubuh terutama ke otak. Jika kurang, berarti anak akan kekurangan oksigen secara kronis. Kl ga diobati bs jd penyakit krn mempengaruhi aktivitas syaraf hikkss..Wilbert harus diksh tambahan zat besi selama 3 bulan, dokternya resepin sangobion sirup diminum 2x sehari. Semoga blm terlambat pengobatannya.

Udh 2 malam ini tidurnya msh ga nyenyak, bangun tiba2 dan nangis kenceng truss manggil "mamii mamii" kt nyokap kagetnya blm ilang akhirnya td gw ksh cing fung san moga2 malam ini tidurnya nyenyak dan ga kaget2 lagi deh. Thanks God akhirnya terjawab sudah kekhawatiran gw selama ini, berarti mulai skrg gw kudu lbh giat lagi bikin menu yg sehat buat wilbert, ksh ciak po biar kuat hehe...Lega deh ^_^

13 comments:

Anonymous said...

Ver, coba tanya dokter or mungkin unclenya Wilbert, apa mendingan entar next month coba test besinya lagi. Karena dokter kita pernah bilang, kalo hasil lab kadang bisa jadi ngga akurat. Musti liat gimana anaknya juga. Kalo diliat di foto, Wilbert keliatan sehat and chubby kan. Apalagi kalo elu maasak sendiri, lebih bersih and lebih terjamin gizinya.

Anonymous said...

dulu gue sempet kasi kenneth ferlin tuh ver.. tapi karena dia ngak suka aromanya jadinya berhenti deh.... dari umur setaon waktu itu. klo sangobion ini bau ngak? klo ngak mungkin gue mau coba lagi kasi ke dia

Anonymous said...

Aneh yah kalo wilbert makannya gampang kok bisa kekurangan zat besi, apalagi minum susunya juga doyan..

Gue keknya dalamw aktu deket ini ga bisa ke Pku Ver..secara perut uda gede..mo ke pku harus naek pesawat 2 kali hehehe

Iya duenya sekitar tgl 10an oktober sih katanya hehe

Vera said...

@ esther : iya neh, gw jg heran..angkanya jauh pula dr batas normal *sigh* sementara ikutin kt dokter dulu treatment 3 bulan sambil liat gimana nanti, gw cuman takut pupnya bs jd keras lg ntar :(

@ leli : sangobion sirupnya ga bau banget kok lel, untung wilbert mau tuh...kl ferlin malah ga pernah denger gw.

@ amey : iyah gw jg heran mey, btw zio da lu ksh sunat blm? wah due date lu sama ma due date gw dulu tuh :p

Yulian said...

Ver...gw keinget wkt kita ngobrol2 in soal ke pasar beli kaldu tulang dan ceker. mungkin itu bisa bantu kali ya, buat nambah zat besi?

Sukur hasil test nya ga yang aneh2/serius ya Ver..cuma tetep pasti bingung deh uda masakin sendiri, ga yang aneh2 tp kok msh bisa dibilang kurang zat besinya.

Yulian said...

Ver...gw keinget wkt kita ngobrol2 in soal ke pasar beli kaldu tulang dan ceker. mungkin itu bisa bantu kali ya, buat nambah zat besi?

Sukur hasil test nya ga yang aneh2/serius ya Ver..cuma tetep pasti bingung deh uda masakin sendiri, ga yang aneh2 tp kok msh bisa dibilang kurang zat besinya.

Vera said...

@ yulian : ampe skrg gw msh ksh tuh kaldu dr ceker yul krn pasar sini ada kenalan mertua gw,untung jual :p mungkin badannya jg lg drop kali. Eh br minum sehari sangobion kmrn, pagi tadi pupnya mulai rada keras tuh, kudu perbanyak pepaya lg neh :(

edward said...

Ikutan aneh nih Ver. Wilbert yg mam n susu nya OK aja bisa kurang zat besi. Jadi watir jg ama Edward. Mam sih mayan gampang, tapi mommy nya ga bisa masak. Jadi itu2 lagi menunya, ga variatif. Mana susunya susyeh pula.
Lagian badan Wilbert bagus gitu. Edward cenderung kurus.
Wah, bisa2nya papanya doyan makanan Wilbert. Kapan2 kalo Wilbert dah ga ada masalah share resepnya ya Ver. :)

Vera said...

@ fie : haha gw jg ga tau fie mungkin edward kudu diksh vit tambahan kl gitu.. resep2nya ntar gw share yah. ga sempat melulu pdhl tiap kali masak da gw fotoin hehe :p

setia said...

Ver, iyah bener kata Fie.. jadi ikut kuatir nih. Nah wilbert yang makan & susu nya bagus aja bisa kurang zat besi yah. Apalagi Nathan yang kadang2 sehari ga makan apa2. Apa sebaiknya di tes darah aja ya? Trus Apa aja yah yang mesti dites?

Vera said...

@ setia : sorry gw lupa bales yah hehe..btw, nathan ada keluhan apa ga? ga napa2 ga ush ampe tes darah kali, perbanyak gizi aja + mkn vitamin biar daya tahan tubuhnya kuat apalagi anak susah makan dan susu. kl mau sekedar tau, coba tes darah rutin aja + besi dan tibc. cukup itu aja deh kayake, menurut ipar gw kl ga ada keluhan tunggu ntar stlh 2 taon ksh mkn obat cacing, kl mau general check up skrg yah cek darah rutin itu td ma besi & tibc, urine & feses jg sekalian biar jelas hasilnya. Tp tega ga tuh pasti nathan nangis2 deh :(

edward said...

Nah, baru kmrn2 papanya Edward nanyain, Edward dah boleh dikasih obat cacing belom. Abis dia kan suka emut jempol. Kadang kotoran kecil di lantai jg sengaja dipungut trus masukin mulut. G pikir musti tunggu 2 taun or lebih kali ya. Kebeneran di sini ada jawabannya. Hihihi..
Ver, hari ini di koran PR ada lagi tuh soal sunat laser. Sama kaya yg g baca waktu dulu. Kalo laser yg asli, alatnya ratusan jt, so biayanya jg mahal. Makanya banyak diakalin pake pisau yg dipanasin listrik. Itu alatnya cuma puluhan jt. Tapi gimana kita taunya asli ato palsu ya??

Anonymous said...

Wah Ver, gue siy percaya bener sama masakan elu ... mungkin badannya emang nyerep zat besinya dikit ...

Ya, tetep masakin yang enak2 aja Mom, biar Wil bisa makan banyak terus ... jangan lupa doain tiap malem, biar Wil sehat2 :)

Miss yaaa :)