Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Monday, November 5, 2007

Pengalaman melahirkan gw...

Ga berasa sebentar lg usia perkawinan gw da masuk 2 thn :-)
Seneng deh inget masa2 kuliah dulu dimana pertama kalinya gw kenal hubby gw hehe..kebetulan gw ma dia sekelas dulu, civil engineering '96 - untar. Jadian tgl 14 Feb '97, pacaran lumayan lama tuh br merit nov '05 hehe...msh fresh ingatan gw waktu lg sibuk2 ngurus wedding, survey vendor sana sini kayak baru lewat aja tuh ^_^ tau2 skrg da hampir 2 taon. Gilee..cepet yakk, anak gw juga umurnya da setaon. Hbs merit gw ga langsung hamil tuh...ga tokcerr pdhl ga jaga loch hehe...berangkat hanimun Jan'06 br deh ketauan gw hamil waktu balik ke jakarta. Jd seneng deh waktu tes urine ternyata hasilnya positif :D

Mulai deh nyari2 info seputar kehamilan, browsing sana sini...ternyata gw ga sendiri tuh temen2 yg merit di tahun yg sama semua da pd hamil jg hehe...jd bs saling tuker info. Mulai tiap hari mkn vitamin, minum susu bumil pdhl gw jarang2 bgt minum susu...paling ga doyan :p tp demi calon baby yg di perut mau ga mau minum jg 2x sehari hehe...Dr awal gw hamil sampai ngelahirin hubby gw yg bikinin tuh susu, dia tau gw ga bakal minum sendiri soale hehe..kecuali pas kl hubby lg dinas keluar gw cuman minum sehari sekali, kpn lagi coba hahaa...hbs gw bener2 ga doyan dan bosan, lagian kt dokter gpp tuh.

Waktu hamil gw sama sekali ga ngidem, apa aja makan cuman suka eneg/mual di waktu sore2, untung deh anak gw pengertian jd mommynya bs tetep ngantor. Selama kehamilan jg fine2 aza, gw konsul ke dr.bambang di hermina sunter dan utk 2nd opini gw cek 2x ke dr.dario turk sekalian usg 3D ma dia. Waktu hamil berat gw cuman naek 13kg, perut gw termasuk kecil. Umur 5 bln aza msh ga gitu keliatan, baju2 dan rok2 buat ngantor msh muat tuh. Sampai masuk 7bln gitu perut gw mulai gede dan wilbert da semakin aktif nendang2. Mulai ga bs tidur deh gw...bolak balik susah ketemu posisi yg enak, tidur terlentang sakit jg pinggangnya. Pengennya buru2 nyampe due date biar plong dan ga sengsara, ternyata hamil itu ga enak hehe...tp yah bohuat pengorbanan jd seorang ibu :D

Dokter memperkirakan due date gw tgl 11 okt. Gw mulai ikut senam hamil tiap sabtu di hermina, senangnya disana gw ketemu sesama bumil jd bs saling share dan saling ngasih support buat lahiran normal. Keukehh banget gw waktu itu mau lahiran normal hehe..pdhl gw paling takut yg namanya sakit tuh...hbs denger sana sini proses melahirkan caesar/normal sama aja..sakitnya before&after aja bedanya...Waktu usia kehamilan gw mulai masuk 38wks gw mulai cuti, nyokap dan mertua gw da pd kesini. Temen2 senam hamil gw udh pada ngelahirin semua, tinggal gw sendiri yg org lama di kelas senam hamil itu..sedih deh...msh anteng aja tuh wilbert di perut mommynya. Waktu kontrol terakhir tgl 5 okt aza gw msh sempat jenguk anas yg da di rs mo ngelahirin jovan. Bosen deh cutinya jd kepagian. Untung ada nyokap disini. Gw disuru jalan melulu, kl pagi diajak ke pasar hbs itu sore2 jalan ke mal biar bayinya cepet lahir kt nyokap.

Ceritanya ampe minggu tgl 8 okt, gw bw mertua gw dan nyokap jalan2 ke mal senayan city yg br dibuka waktu itu. Malamnya pas mo dinner mulai berasa perut gw mules truzz gw ke toilet...m*nc**t. Ga tau salah makan soale apa aja gw makan..siangnya ngopi di cafe olala, gw mkn sandwich truzz donut krispy kreme. Perut gw mulai berasa kenceng dan sakit kayak mo p*p truzz mulai sdkt mual. Akhirnya semua jd ikut panik, makanan yg udh dipesen jd ga sempat dihabisin langsung buru2 pulang, sampai di mobil perut gw msh sakit hubby gw lgsg jalan ke hermina takut gw napa2. Nyampe hermina da hampir jam 9, disuru berbaring dan suster telp dokter. Ternyata gw diare, ga diksh pulang lg ma dokter, agak riskan diarenya hrs diobati krn kandungan gw yg da mo 40wks takut efek ke bayi. Yasud hubby lgsg ngurus admin ke bawah, ambil kamar yg udh dibooked br pulang ambil tas emergency gw. Tasnya gw taroh di mobil sebenernya tp krn anak gw ga keluar2 jg gw turunin lagi hehe..

Malamnya gw mulai buang air teruss, badan lemes dan pusing..ga bs makan sama sekali akhirnya gw diinfus biar ga kekurangan cairan. Pertama kali diinfus, malamnya ga bs tidur. Nyokap temenin di rmh sakit. Senin pagi udh mendingan tp msh ga nafsu mkn, kasian bgt deh baby gw hikss..bener2 lemes gw dan tidur doang kerjanya. Akhirnya dokter ksh antibiotik mau ga mau, sorenya br mulai seger dan mulai bs makan, da ga diare. Di-CTG msh blm ada tanda2 mules, periksa dalam blm ada pembukaan jg, sampai selasa pagi gw ketemu dokter lg truzz di-USG kntya air ketuban gw da mulai kering, disuru induksi...Ga lama hubby nyampe, hbs discuss akhirnya gw terima saran dokter. Takut jg bayi gw waktu itu mulai anteng dan ga seaktif biasanya...

Yasud, selasa siang gw mulai diinduksi, sebelumnya gw mandi+keramas dulu br jalan ke ruang persalinan. Jam 12 kurang mulai dipasang infus+ctg huhuhuu...takutnyaa..gw berdoa terus dalam hati. Mulai detik itu waktu berasa lambat banget. Gw liatin jam teruss dr 5 menit, 10 menit, stgh jam ampe sejam kok gw kaga ngerasain apa2 yaa..ama susternya ditambahin lg frekuensi tetesnya..tunggu lg, msh kaga berasa apa2 tuh..ada kali 3 jam-an gw kaga berasa apa2..kt susternya biasanya kurang dr stgh jam da berasa mules tuh..waduuhh..anak gw bener2 msh betah didalam yah?? Gw ma hubby ajakin ngobrol truzz ksh tau kl bntr lg bakal ketemu daddy mommynya.

Sekitar jam 4 sore gitu br gw mulai merasa perut bawah gw sakit kayak mau mens, ga lama keluar flek. Tp gw msh tahan tuh, pipis msh bs jalan ke toilet. Kt suster pembukaannya lambat baru 1 :( aduuhh lamanyaaa...pdhl perkiraan dokter malam da bs lahiran hikss..kira2 jam 6 sore gitu baru deh berasa yg namanya sakit...liat mesin ctg grafiknya da naek turun, waduh ini yg namanya mules toh? msh 10-15 min sekali..waktu ga mules gw msh bs bercanda tp kl dtg mulesnya..sakit bgt ampe tgn hubby gw pencet2 hehe..

Krn pembukaan gw lama akhirnya dimasukin obat ke mulut rahim, kt susternya biar otot mulut rahim ga kaku dan pembukaan lancar. Stress bgt gw waktu itu, apalgi kl suster da masuk periksa dalam hikss...Jam 8an gitu baru gw mulai ga tahan sakitnya dr brp puluh menit sekali mulesnya ampe 5 min sekali :( gw ampe kerepotan ambil nafas, belom denger cewe sebelah ruangan teriak2 kesakitan gitu gw jd ikutan nervous. Untung siy gw ga ampe gitu. Ikut senam hamil banyak membantu ternyata, diajarin ambil nafas yg bener. Kebetulan suster yg bantu gw ngelahirin itu suster yg ngajarin di kelas senam hamil, namanya yorvi, masih muda dan cakep..putih + sabarr bgt..dia ampe bingung gw da berhari2 di rmh skt msh blm lahiran jg hehe...Malah waktu hr pertama masuk ga bs tidur di kamar bersalin gw minta dipindahin ke kamar gw diatas ga diksh ma suster laen, dia yg suru gw naek ke atas. Tengah malam dia jg yg naek turun brp kali cek tensi + infus.

Back to topic, ampe jam 11an gitu ternyata gw br pembukaan 4. Waktu itu ketuban gw da pecah truzz diksh obat apa gitu lupa. Dokter jg da dtg brp kali tp pembukaan gw ga maju2 akhirnya hubby yg ga tahan liat gw kesakitan bilang caesar aza...tp ga diksh, dokternya ngsh support kl gw tuh bs normal yg penting sabar bu ktnya...akhirnya gw minta disuntik ILA, ga tahan lg sakitnya :( dia cek sekali lg pembukaan gw bs gak suntik ILA soale kl disuntik ILA hrs min pembukaan 4 keatas dan efek obatnya cuman bekerja paling 6-8 jam jd babynya sudah hrs lahir kl gak obatnya ga bs ditambah. Yasud, apa terbaik kt dokterlah, tunggu dokter anestesinya lama bgt lg, udh dipanggil ktnya lg otw huhh...gw da jutek hbs waktu itu..dtg jg akhirnya tuh dokter jam 12 kurang, hbs disuntik ga lama gw berasa sakitnya mulai reda, dr perut ampe ke kaki mulai baal. Jd tenang deh...mulai bs ketawa hehee..sakitnya msh berasa cuman bs ditahan. Jam 1an dicek lg da pembukaan 7, pdhl dokter msh suru gw bobo bntr tuh biar kuat ngeden. Mana bs tidur bntr2 suster msk cek ini itu+periksa dalam akhirnya nyokap bikinin gw cereal dan roti, gw mkn dikit ampe jam 3an dicek lg da pembukaan 9. Gw ampe bingung 1-4 kok lama gitu skrg tau2 da pembukaan 9?

Hbs itu gw liat suster yorvi da bawa masuk mesin dan barang2 yg aneh menurut gw, ga pernah liat sebelumnya hehe..hubby msh sempat rekam pk handycam. Jam 4an gitu dicek lg ktnya pembukaan gw da full mulai disuru ngeden kl berasa mules bgt. Susternya ngarahin...Sakitnya msh berasa tuh, lupa ngeden brp kali..ga lama hbs ngeden disuru tahan dulu tunggu dokter..hbs dtg dr bambang, susternya lupa manggil dr anak lg aduuhh...untung ga lama dr johnwan nongol. Jam 5an gitu lahir deh my little wilbert. Waktu keluar plong banget rasanya, gw msh sempat nanya dokter anak gw sehat gak...sehat ktnya..thanks God :D hubby yg dampingin gw selama proses lahiran langsung nyusul suster yg bw wilbert ke depan. Pagi itu gw doang yg lahiran hehe...Hbs dimasukin ke box inkubator, daddynya sibuk foto. Dokter suruh hubby tunggu diluar wkt gw dijahit. Hbs itu kayake gw mulai kehabisan nafas truzz diksh oksigen ma dokternya. Hbs dijahit, suster yorvi ngambil air hangat bersihin badan gw dan gantiin baju.

Wilbert lahir 11 okt 2006 dgn berat 2.96kg panjang 49cm. Kuyuss banget waktu lahir pdhl dokter prediksi beratnya bs 3kg-a tuh..gara2 gw ga makan brp hari mungkin hiikkss..Ga lama mulai denger rame di depan, ktnya hr itu hari baek jd banyak yg caesar ma dokter bambang ada 7 ktnya..wahh..

Jam 7 kurang momen2 yg gw tunggu dtg, hubby ditemenin suster bw masuk my little prince. For the 1st time i hug my baby..it's amazing..i'm a mommy now ^_^ perasaannya susah diungkapin pk kata2 hehe..yg pasti gw bersyukur banget anak gw lahir dgn selamat dan sehat. Waktu itu gw disuru ksh asi ke dia, lucu deh dia bs nyari nipple gw truzz langsung diemut, i love him very much..dia yg gw tunggu2 selama 40wks hehe...dr mulai hamil mual sampai ngelewatin masa2 sulit ngelahirin...jd lupa tuh semua sakitnya :D

Ga lama gw dipindahin ke kamar...Jumat sore gw da boleh pulang ke rumah :D
Untung selama proses melahirkan ada nyokap dan hubby yg temenin jd gw ga takut ngadepin ini sendirian ^_^ Moga2 gw bs jd istri dan ibu yg baek yah...skrg kl disuru ngasih dd ke wilbert msh belom siap hehe..msh takut untuk hamil yg kedua kalinya :p ntar dululah tunggu wilbert gedean...

3 comments:

Susan Harsono said...

Ver, kalo anak ke-2 lebih cepet lagi tuh prosesnya xixixi...bagaimana ngga mau nambah? hahaha

Anonymous said...

bisa dibilang penuh perjuangan juga ya ngelahirin wilbert. belum deg2an krn bukaan lama.

gw pkr elo caesar ver, ga taunya normal. gw selalu salut sama emak2 yg lahiran normal heheh

si wilbert difoto anteng ya, bisa gaya2 pulaak..

pernah dgr yayasan virgo ga? tetangga gw kebnykan ngambil darisana dan so far so good uda pd kerja lama2.
no tel nya 4500857

or yayasan dari anaknya bos gw. dia ngambil BS disini : yayasan karisma lestari di bandengan 691 6276
HP 081384763934 -> Ibu Anna

Gw ngambil si Wati (pembokat gw yg kutuan) di ibu Anna ini.
Kalo suster sih blm pernah ngambil.

eh ya ver, email yahoo apa ya? soalnya dari jumat komp gw kena virus, di format total semua. jadi contact address ilang :(

Anonymous said...

Waaaah, heibat! Ternyata elu lahiran Normal toh?? gue pikir caesar juga Ver ...

Baca kisah ngelahirin elu gue agak berkaca2, (dasar cengeng) what a beautiful moment ya pas lahiran anak (pertama) ...
Ayoo buruan kasih dd ke Wilbert, biar ada temen maen kyk Tim & Nick :p