Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Wednesday, October 8, 2008

Teganya maid skrg....

Fiuhh...br sempat update lg skrg, cape bgt jd upik abu brp hari ini :(
Si yuni, maid gw yg selama ini gw acungin jempol krn anaknya rajin, jujur dan sabar ternyata tega janji balik tp kagak balik. Huhh..sebelnya gw da beliin tiket baliknya kesini , untung gw tahan gajinya sebulan jd kurleb impas..

Ceritanya dia minta balik lbh awal krn ada sodaranya yg merit tgl 25 sept, jd tgl 20 sept kmrn dia pulang ikut temennya yg kebetulan kerja di perkebunan sawit sini di kerinci. Pdhl tdnya gw suru balik naek pswt tp dia lbh milih naek kapal laut rame2 bareng temennya si kusnan itu, yasud...ktnya temennya itu tetangga satu kampung yg da kenal dr kecil dan dia br tau si kusnan ini kerja disini pas telp2an ma temennya yg laen. Ktnya pgn ngerasain naek kapal laut jg krn blm pernah.

Temennya ksh tau total harga tiket 650rb da termasuk ongkos bus sampai ke kampung, gw ga tau beneren apa gak cuman menurut laki gw kemahalan krn utk tanggal segitu harusnya tiket2 blm naek cuman gw pikir ya udhlah kasian jg drpd kl gw beliin tiket pswt ke jkt dia kudu keluar duit sendiri beli tiket bus pulkam. Ini 650rb da all in sampai ke kampung halaman dia. Gw ksh dh...anaknya jg baek menurut gw, sayang ma wilbert dan selama kerja ma gw ga pernah berulah yg aneh2.

Wkt baru2 kesini gw pernah diem2 ngecek barang2 dia di kamar, nemu satu buku catatan kecil yg isinya amburadul mulai dr resep makanan coret2an ampe doa2nya selama ini. Dr sana gw tau anaknya gmana, meskipun dr keluarga broken home dan dia dr kecil diasuh omanya sedangkan mamanya jd suster di jkt. Tp dia rajin dan sayang ma keluarganya. Gw ambil kesimpulan ini anak msh di jalan yg benar dan ga berani kurang ajar krn msh ada rasa syukur dan takut ma tuhan.

Selaen itu gw jg liat ternyata dia nulis br tunangan ma cowo yg namanya supanto, persis seminggu sebelum kerja ma gw. Tunangan ala kadarnya gitu bukan diiket ma keluarga. Dia masuk kerja di tempat gw tgl 13 apr '08. Anehnya brp kali gw mancing dia ngmg terus terang soal ini tp mati2an ga ngaku dia. Malah ktnya ga mau pacaran dulu krn msh trauma ma pacar lama dia yg meninggal krn kecelakaan. Yasudlah itu urusan pribadi dia gw jg ga mau ikut campur yg penting kerjanya bener. Pdhl gw jg pernah baca sms di hp dia, emang ada cowo yg ngaku2 suaminya kl sms tp herannya dia tetep ga mau jujur ya udh gw jg cuek paling kdg gw suka sindir sambil bercanda. Lg pula dia jg jarang maenin hp kecuali kl malam ga tau dh...terserah dia yg penting kerjaan da beres. Pusing gw kl baca sms maid2 krn bahasanya aneh.

Nah, paling seputar itu yg menurut gw dia ga terus terang. Yg penting dia ga sembarang ambil barang gw, oh ya paling sekali itu gw pernah nemu bekas bungkusan biskuit lexus di laci lemari dia tp gw ga nanya siy...udhlah mungkin dia lg pgn nyoba tuh biskuit gw pikir pdhl selama ini gw beliin dia biskuit jg cuman bukan yg import. Gw pisahin 1 laci di lemari dapur khusus buat dia, jd semua makanan mulai dr teh, indomie, biskuit dll gw yg beliin sewaktu ke mal, dia yg milih rasanya. Dasar tuh anak doyan bgt mkn biskuit tiap ke mal gitu pasti beli, kdg gw pikir biar ga ush beli2 terus sekali beli banyak 4-5 bungkus eh ga ampe 2minggu ludes tuh gila kan kl ditotalin tiap bulan dia bs mkn kurleb 10bks, belom indomie dll doyan jg dia.

Soal mkn siy gw ga masalah mau makan banyak or dikit yg penting bs kerja, anaknya jg nurut kl dibilangin malah suka curhat2 ma gw kadang ttg keluarga dan temennya. Kdg gw merasa kasian jg ma dia, baru umur 16 taon tp da harus banting tulang kerja bantu keluarga. Mamanya da kawin lagi skrg dan punya 2 anak dr bapak tirinya. Mamanya msh muda br 32taon, skrg da ga kerja lg cuman urus anak di kampung.

Dr awal gw da wanti2 ke dia apa msh mau balik kerja ma gw lg hbs lebaran, ktnya pasti mau krn dia da bersyukur da dpt kerjaan yg cocok dan majikan yg baek. Gw bil pikir2 dulu jgn bil mau balik tp gak balik. Rata2 maid kan kek gitu gw bilang, pdhl apa susahnya siy jujur mau balik yah balik kl gak yah org nyari lagi! heran napa pembantu suka begitu, bil mau balik tp ternyata boong. Kl emang ga mau balik yah gpp...susah amat jd org ga bs ambil keputusan. Dia cuman senyam senyum. Pas mau issue tiket pesawat dia jg gw make sure ke dia sekali lg dan dia bilang mau. Jd dh tiketnya gw issue tgl 4 okt buat balik kesini.

Udh enak bgt tuh si yuni, sebulan sblm lebaran gw ksh thr 1bulan gaji 500rb plus gw bw ke hypermart suru pilih biskuit2 dan sirup buat bw pulang kampung kurleb total 100 ribuan. Pdhl br kerja stgh taon ma gw *sigh* dia aja ampe terharu sewaktu gw ksh thr ktnya selama ini kerja ga pernah dpt thr. Ampun dh...truss gw bilang ma dia kl gajinya gw tahan sebulan biar nanti kl balik lg kesini ada simpenan jd ga berasa harus kerja dr nol lg. Dia bil oke...

Kejadiannya sampai 2-3 hr sebelum dia balik, gw berasa dia mulai berulah soale diem2 suru bapak tirinya ambil sisa2 baju dia di apartment gw di jkt. Dia minta tolong mbak sri, pembantu lama gw yg msh megang kunci rumah gw disana. Mbak sri yg telp ksh tau gw, bete bgt gw dengernya lgsg gw tanya napa berani ambil barang dr rumah gw tanpa sepengetahuan gw? tp dia ngeles bilang kan ga balik jkt lg non sedangkan baju2 jalan dia msh di jkt, semua baju2 dia disini banyakan baju suster. Iya jg seh gw pikir, dia ga bawa baju jalan kesini tp yg bikin gw lbh curiga lg malamnya tiba2 dia minta semua gajinya, alasannya apa lg coba? ktnya mamanya br pindah rumah baru, dibeliin bapak tirinya tp blm ada tv dvd jd dia mau beliin, takut duitnya hbs kepake dan ga ada ongkos balik ke jkt.

Terang aja gw ga ksh kecuali kl dia ga balik yah kita itungin semua gajinya full ke dia. Awalnya dia rada maksa suru gw percaya ampe minta stgh bulan gaji dulu tp gw tetep insist ga ngasih. Hubby jg bil ga ush akhirnya gw bil baek2 ke dia, namanya kerja ma org yah hrs komitmen dong, jujur itu modal kerja dimana2 sedangkan gw kan ga ada pegangan apa2 kecuali kata2 dia, toh kl dia balik lg uangnya tetep ada, malah bs ditabung. Makanya gw suru dia cepet urus ktp di kampung biar gw bs buka satu rekening di bank jd tiap bulan gw tinggal transfer ke rek dia drpd nitip di gw berbulan2 ga ada bunga. Udh itu gw da ksh lbh dr cukup, blm kerja setaon da dpt thr 1 bulan gaji ditambah gw beliin ini itu dan ongkos buat pulang jg gw yg bayar...kurang apa coba? ga ada alesan kan gw bil...dia manut ajah..

Gitu dh..pas pulang jg paginya gw ga periksa detil barang2 dia krn da dikotakin cuman kira2 aja sblm packing gw suru buka liat sekilas, udhlah gw pikir takut nanti dia berasa gw ga percaya ma dia *sigh* kt hubby tutup mata ajah...

Pas pulangnya dianterin pak amri ke kerinci join ma temennya. Gw titip pesen ke pak amri suru liatin temennya spt apa tp so far ga ada yg aneh kt pak amri, sblm pulang lemari bajunya dikunci truss kuncinya mau dibawa pulang. Untung gw liat, gw ga kasih takut nanti dia balik kesini lupa bw kuncinya masa gw hrs congkel lemari orang. Hbs itu gw liat isi lemarinya, semua baju2 suster dia msh ada termasuk handuk dan sepatu. Truss gw titip pesen kl da mau naek kapal atau da sampai kampung kabarin lwt sms eh dasar tuh anak ga ada kabarnya samsek sejak pulang, gw sms jg ga dibales pdhl terkirim tuh.

Hbs dia pulang besoknya kan gw lgsg balik medan ma wilbert, blm ada kejanggalan kl dia ga balik. Tp gw sempat telp brp kali hpnya ga aktif jd ga tenang bgt gw disana takut anak org napa2 di jalan, pernah telp sekali masuk yg angkat mamanya. Gw nanya yuni da beli tiket bus ke jkt belum krn tiket pesawatnya tgl 4 balik pekan baru eh mamanya malah ga tau tuh ktnya bntr yah dipanggil dulu si yuninya truss lari ke depan rumah sambil teriakin yuni eh pas gw dgr suara yuni ngmg bhs jawa lgsg hpnya mati dan ga bs dihubungi lg hbs itu.

Kesel gw, napa jg musti menghindar gitu! Gw coba telp terus brp kali ampe sebel tuh hp kaga aktif2 lg sampai gw balik kesini tgl 3 kmrn. Gw call lg dan yg angkat budenya, ktnya hpnya ketinggalan di kampung sedangkan yuni dan mamanya da balik jkt tgl 2 kmrn, ya ampun kok ga kabarin gw pikir kan dia jg harus tinggal di apartment gw. Budenya bil nanti kl da ada kabar dia ksh tau. Bener2 dh si yuni ini, dan itu semua ternyata boong jg tuh.

Terakhir kali tgl 3 sore gw telp lg ke budenya dan yg angkat dia sendiri tp suaranya dibuat2 gitu..aneh kan? "halloo cari siapa ktnya" gw lgsg bil jgn boong lg yuni, saya tau itu suara kamu eh telp gw dimatiin ma dia. Sebel gw telp lg dan kali ini yg angkat cowo, ngaku suami yuni. Mau apa cari yuni ktnya...gw tanya sejak kpn yuni kawin ktnya barusan kawin mendadak tgl 3 kmrn. Gw lgsg setut hr ini tgl 3 mas...agak o'on gitu mas yg ngmg ma gw.

Heran, gw bil cuman mau pastiin si yuni balik atau tidak soalnya ade gw kan nunggu di rumah kasian kan mau balik kost ga bs gara2 mo anterin dia ke airport huh sebel gw...truss hbs ngoceh panjang lebar akhirnya putus dan gw ga telp balik lg sampai hr ini. Males ladenin tuh org...tp gw sempet nanya nama cowonya ktnya anto, berarti bener itu tunangan dia kali.

Bener2 ga tau diri maid skrg, ngapain siy pk acara boong dan menghindar gitu? kl emang da merit yasud..atau kl emang ada alesan apa kan bs bilang, kita jg bs bantu. Ini say sorry aja gak tuh bayangin pdhl selama ini gw baek bgt ma dia..kemana gw pegi dia ikut, kita makan apa dia ikut mkn apa. Semua kebutuhan dia dibeliin mulai dr pembalut shampoo odol sabun parfum dll ughh...ga tau diri bener dh..sebel gw, kayake yg merit kmrn bukan sodaranya tp dia.

Udhlah..yg bodo dia kok gw mah ga rugi, mau nipu duit tiket pesawat gw jg percuma toh itu gaji dia sendiri jg. Kl emang dr awal ga mau balik lg kan gw ksh gajinya semua. Kirain gw bs percaya dia begitu aja kali hehe...

Jd skrg gw lg ga ada maid neh, stress pas balik kesini. Rumah kotor, baju kotor bejibun ditambah wilbert batpil. Baju sementara laundry kiloan dulu dh...Kl tau dia ga balik kmrn kan gw ga ush buru2 balik kesini, stay di medan dulu sementara sambil nyari pengganti *sigh* wilbert aja barusan sembuh, hr ini br mulai skul lg.

9 comments:

Veny said...

Sabar Ver , .. smp jengkel yah ...
emang maid jaman skrg begitulah . puyeng n stress mikir nya . mau nya apa mrk ini .
g juga sebel kalo dikibulin ... moga2 dapet yg lbh baik yah .

Veny said...

Sabar Ver , .. smp jengkel yah ...
emang maid jaman skrg begitulah . puyeng n stress mikir nya . mau nya apa mrk ini .
g juga sebel kalo dikibulin ... moga2 dapet yg lbh baik yah .

yhalim said...

emang ya pmbnt skrg susah diharapin. Knp jg mesti boong ya. Die ga balik jg bs cr yg lain. Moga cpt dpt pengganti nya ver. Btw, si fang g imun flu ver, mayan tuh. Msh bs pilek siy, tp ga parah. Di skul gudang batpil tuh. Hehe

Arman said...

yah begitulah yang namanya maid. suka ngeselin emang ya...

Unknown said...

hehe bermasalah sama pembantu jg ya ver. sama bgt deh. kayaknya ini problem semua ibu2 rumah tangga.

gue heran bgt deh.kita yg baek sm pembantu kenapa dikadalin pembantu mulu? sedangkan di tv suka ada pembantu yg disiksa majikan gitu pdhl kerja udah bertaon2.

Anonymous said...

Setuju ama Limmy ... heran ya, kita dah bae bolak-balik bae sama mereka tapi koq dikecewain mulu yaa??

sementara orang2 yang keliatannya biasa2 aja ma maid, malah pembantunya betah2 ...

gue siy sekarang stay cool aja lah ma pembantu ... mo baek gimana juga percuma siy ... :p

moga2 cepet dapet ganti ya Ver ... rugi kalo mereka brenti dari majikan sebaik elu mah :)

Anonymous said...

Ah maid mah mau sebaik apapun, pasti end up nya aneh2 deh. Gua juga udah kapok ama maid. Mereka ngomong A, ternyata jadi B. Yang ada bikin orang makan ati aja. Sabar yah, Ver! Btw, sorry kemarin ini gua panggil di ym trus malah ngga balik lagi soalnya Andrew bangun. Entar kapan2 kalo udah sempet kita chat yah. Take care, Ver!

Vera said...

@ all : hehe..hr ini gw da dpt maid baru tuh dikenalin mamanya temen skul wilbert, sementara pake tukang cuci yg pulang hari dulu, yg dr yayasan blm ada kabar. Lmynlah ada yg bantu cuci gosok nyapu pel. moga2 kerjanya ok ;)

@ esther : it's ok ther...kpn2 kita chat yah hehe.

Anonymous said...

Kita terlalu baik dgn maid biasanya mereka malah ngelunjak.Kl gw perhatikan malah para maid betah kerja di majikan2 yg kejam.Aneh dehh...Capek memang hadapin para maid.