Friday, March 30, 2007

Hi..Wilbert is back :D

wah...da lama ga nge-blog niy...hbs cape banget 2 minggu kmrn hikss..repottt banget ngurusin wilbert yg sakit lagi hikss...yg kali ini lbh parah, demam tinggi plus batpil pdhl tadinya da sembuh eh ga ampe seminggu sakit lagi, demamnya ampe 3 hr naik turun :( plus batuk n hidungnya meler udh gw kompres pk air hanget tp tetep aja kl sore2 panasnya suka naek ampe 39.2 bayangin...terpaksa deh malam2 hari itu gw bawa ke klinik anakku, yg diseberang mal gading ternyata besoknya msh ga sembuh jg msh aja demamnya ga turun2, obatnya ga cocok kali gw pikir akhirnya gw balik lg ke dr agus di hermina. kt dokter sih sedikit radang kl ampe sehari lagi belom turun demamnya kudu cek darah...kebayang gak sich baby gw mo diambil darahnya pasti sakit bgt hikss...akhirnya ama dokter diksh puyer batpil+tempra ga pk antibiotik, obat dr klinik anakku disuru stop..

besoknya demamnya da mulai normal lagi, gw ga ksh mandi cuman lap badan doank untung demamnya ga naek lagi tinggal batuk pilek yg mengganggu. akhirnya gw bawa fisiotherapy atas saran dokter biar tidurnya nyenyak...emang sich wilbert ga bs bobo nyenyak wkt itu krn hidungnya mampet pdhl udh gw tetesin breathy tp bntr2 msh suka nangis truzz batuk...nafasnya lwt mulut kasian banget :(

hmm...stress berat ternyata kl anak lg sakit >_<

fisiotherapy cuman butuh waktu 10 min tp efeknya lumayan, wilbert jd bs tidur lbh lama, wkt theraphy nangisnya kenceng banget ampe ga tega gw liat anak gw dipegangin truzz dipaksa hirup tuh uap yg bau obat banget...
total kemaren 6x theraphy batpilnya da mendingan paling cuman sesekali doank denger dia batuk kl malam...
2 hr setelah itu batuknya da reda, obat da gw stop...tiap ngsh obat ke dia gw yg stress jadine... harus diboongin dulu ampe seneng br gw pelan2 masukin dikit2 ke mulutnya takut dia keselek juga hikss...tp hbs itu ttp aja nangisnya kenceng hbs gimana kl gw ga ksh minum obat dokter bs jadi batpilnya tambah parah...dokter jg ngsh obat anti kejang ma antibiotik kl ampe demamnya msh tinggi..krn gw takut tengah malam napa2..gw tebus jg tuh antibiotiknya tp ga kepake akhirnya...untung deh...

obat penurun panas spt tempra/sanmol & obat anti kejang yg dimasukin ke lubang anus itu kudu disediain deh...
untung skrg wilbert da mulai ceria lagi, tp belakangan gw berasa kok minum susunya tambah kuat yah hehe..udh gw naikin 180cc/3 jam tp kdg 2.5 jam lbh da nangis minta susu, untuk selingan bubur ma buah msh belom teratur bgt krn dia jg lg pas sakit kmrn ini jd gw stop sementara. skrg baru mau mulai lagi..

sabtu lalu sempat chat ma mommynya fang2 hihihi da lama ga chatting, truzz nanya2 ttg MPASI thanks atas infonya yah yul :D siangnya gw ke gramed beli bbrp menu MPASI ma buku buat wilbert ^_^
truzz minggu siang gw bikin bubur pir yg dikukus truzz diblender ternyata dia doyan..senengnya :D dihabisin tuh ma die paling sisa dikit doank...berarti dia lbh doyan yg diblender drpd juice yg diambil sarinya..dulu pernah gw ksh airnya ga mau diminum tuh...tp emang bubur pirnya wangi siy truzz manis lg hehe...gw coba dikit enak jg tuh :p

haha...ternyata asik jg yah bikin2 makanan bayi gitu..bs eksperimen sendiri sayang gw ga bs tiap hari bikinin dia.
truzz minggu sore kita ke carrefour belanjaaa hehe...hbs isi kulkas da kosong dr kmrn2 belom sempet belanja..gw beli huggies ultra yg M isi 4 pcs, kt mommy ken bagus jd gw pgn coba sapa tau wilbert cocok hehe..ternyata dia ga cocok :( jam 9 malam gitu gw pakein truzz jam 1an gitu dia nangis2 ternyata diapersnya da basah ampe ke baju2nya dia minta ganti..atau krn pipisnya banyak yah ga tau jg deh..atau bs jd kekecilan jg kt umi, babysitter gw..emang siy gw bandingin ma mommypoko pdhl sama2 size M loh...huggies lbh ketat...hbs itu gw mampir ke all fresh beli apel dll biar umi bs bikinin bubur buah ke wilbert.

skrg tiap malam gw mulai masang weker hehe...hbs kdg dia bangun manggil minta susu suka gw cuekin ampe akhirnya sadar, matanya bener2 melek jd kudu boboin dia lg ma umi berdua :( gw setel 3~3.5 jam siapin susu truzz gw liat gelagatnya kl msh pules bgt gw nunggu 10-15 menit lg br gw ksh tp stlh gw coba brp hari emang efek sih..kdg weker gw belom bunyi dia da nangis duluan bs beda 10-15 menitan gitu...ga tentu jg kdg 3.5 jam kdg 4 jam. dulu nyokap gw bilang kl baby ga nangis ga ush diksh mkn kl midnight tp bodo ahh...drpd dia keburu bangun truzz bs maen 1/2 sd 1 jam gitu dulu br bobo..cape kan...si wilbert ga sabaran lagi tiap laper nangisnya kenceng :(

terakhir ke dokter kmrn beratnya 8.7 kg untung siy sakit kmrn ga bikin berat badannya turun, plg lemes truzz suka rengek2 minta gendong ma gw...ga mau ma umi...pdhl biasanya ga gitu tuh...skrg dia da pinter kl dipanggil namanya da ngerti, seneng maen, duduk da mulai bs tp krn anaknya bosenan jd maenan apa aja yg diksh ga bs lama...kudu ganti suasana melulu hehe...udh itu mulai byk new words yg keluar dr mulut dia...mulai dr ga-ga, ma-ma ampe da-da..ang-gu..truzz ketawa ketiwi cekikkan gitu...paling seneng diajak pegi..baru buka pintu aza dia da loncat2 gitu sambil ketawa hehe...tau kl mo diajak pegi...gemesin bgt deh dia skrg...apa aja yg da di tangan dia pasti lgsg dimasukin ke mulutnya, skrg dia jg da mulai belajar megang botol susu tuh..ga cuman megang botol air minumnya yg kecil truzz minum sendiri hehe...tp tetep harus diawasin jg kl gak dibuang ma dia ^_~

tiap sore kl daddy & mommynya pulang pasti mo minta gendong lgsg deh senyum ketawa..lucu banget hehe... ternyata bener2 beda banget hidup gw ma hubby stlh punya dia, he is our sweet little angel :D


Tuesday, March 13, 2007

wilbert with new baby walker

Wilbert 5 months old ^_^




ga berasa wilbert da 5 bulan :D kayake dia da mulai mo numbuh gigi deh hbs suka bgt ngegigit maenannya ampe gemesss banget hehe...lucu ngeliatnya...


minggu kmrn ke mangga dua daddynya beliin baby walker ma dvd baby einstein total 15 series, dia demen banget nontonnya tuh kadang ampe bisa ketawa truzz ngoceh2 sendiri ma tv ^_^

sekarang batuknya da sembuh, lega deh...udh 2 hari dia asik maen ma baby walkernya, kakinya belom nyampe ke tanah pdhl udh diadjust ampe posisi plg rendah tuh hehe...tp gw jg ga berani ksh duduk terlalu lama siyy..takut kakinya ma posisi duduknya belom kuat bener cape kayake kl kelamaan duduknya lagian dia jg suka bosenan anaknya :( palingan cuman 10-15 menit da nangis minta digendong kecuali ditemenin sambil diajak maen ma umi, babysitternya haha...pinter yah anak kecil minta perhatian :p
hari ini hubby dinas ke jambi ampe kamis baru pulang...sedih dech 2 hari wilbert ga ketemu daddynya..td pagi2 jam 6 da berangkat ke airport...si kecil kayake tau daddynya mo berangkat pagi, jam 5 da ngebangunin kita truzz minta dipindahin ke ranjang..tidur di sebelah daddynya, ga lama setelah itu ngoceh2 sendiri ga tau ngmg apa jg haha...mau ga mau daddynya jd ikutan bangun maen ma dia...

oh ya...artikel dibawah dikirimin dr infobunda tuh..ternyata bener juga dink..kl anak kecil sakit ga harus selalu diksh obat apalagi antibiotik, biarin tubuhnya membentuk sistem imun sendiri..dgn kata laen untuk penyakit batuk pilek yg paling sering diderita anak kecil itu sebenernya bs sembuh sendiri walau tanpa bantuan obat sekalipun krn sistem imun tubuh mereka cukup baek untuk melawan kuman2/ virus tersebut..kudu dilatih dr sekarang...sebisa mungkin jgn diksh antibiotik dh....

kmrn ini waktu wilbert sakit gw langsung bawa ke dokter en diksh minum puyer batuk pilek hikss..lama juga sembuhnya...ampe obatnya da habis aza msh dikit batuknya...kayake resep mommy ken oke tuh madu campur jeruk nipis ma air dikukus :)

"Tingkatkan Kekebalan Tubuh Alami...!"
Musim hujan yang datangnya sampai saat ini tidak menentu, kadang-kadang cuaca panas, kadang-kadang hujan deras sampai banjir, menyebabkan wabah penyakit berdatangan. Belakangan ini saja, sering kita baca atau dengar berita yang menyebutkan banyaknya nyawa melayang karena menderita penyakit pasca-banjir. Maka itulah, sudah selayaknya bila bulan ini kami hadir di antara bunda dengan mengetengahkan berbagai informasi mengenai kekebalan tubuh. Maksudnya, tiada lain supaya bunda dapat menjaga kesehatan semua anggota keluarga di rumah sehingga terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang ada.

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan sistem imun atau kekebalan tubuh?Apakah yang dimaksudkan dengan sistem imun? Kata imun berasal dari bahasa Latin ‘immunitas’ yang berarti pembebasan (kekebalan). Saat itu, istilah ini diberikan kepada para senator Romawi selama masa jabatan mereka terhadap kewajiban sebagai warganegara biasa dan terhadap dakwaan. Dalam sejarah, istilah ini kemudian berkembang sehingga pengertiannya berubah menjadi perlindungan terhadap penyakit, dan lebih spesifik lagi, terhadap penyakit menular. Sistem imun adalah suatu sistem dalam tubuh yang terdiri dari sel-sel serta produk zat-zat yang dihasilkannya, yang bekerja sama secara kolektif dan terkoordinir untuk melawan benda asing seperti kuman-kuman penyakit atau racunnya, yang masuk ke dalam tubuh.Dari ‘sana’nya, ternyata tubuh mempunyai cara dan alat untuk mengatasi penyakit sampai batas tertentu. Umpamanya, untuk beberapa jenis penyakit seperti pilek dan batuk, dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Dalam hal ini dikatakan bahwa sistem pertahanan atau kekebalan tubuh (sistem imun) orang tersebut cukup baik untuk mengatasi dan mengalahkan kuman-kuman penyakit itu. Tetapi bila kuman penyakit itu ganas, sistem imun (terutama pada anak-anak atau pada orang dewasa dengan daya tahan tubuh yang lemah) tidak mampu mencegah kuman berkembang biak, sehingga dapat mengakibatkan penyakit berat yang membawa kepada cacat atau kematian.

Sekali tubuh pernah menghadapi suatu virus atau bakteri tertentu, dan ketika suatu saat tubuh menghadapinya kembali, antibodi dan memori T cells langsung bekerja. Mereka segera bereaksi terhadap organisme tersebut dan menyerangnya sebelum penyakit berkembang lebih lanjut. Sistem kekebalan tubuh dapat mengenali dan menyerang ribuan organisme yang berbeda-beda secara efektif.

Bicara mengenai kekebalan tubuh, terutama bayi, maka kita pasti akan menyinggung soal ASI. Telah terbukti oleh penelitian bahwa bayi yang diberi ASI secara eksklusif tidak gampang sakit. Artinya, pemberian ASI dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi.Tapi, zat apakah pada ASI yang dapat memberikan kekebalan tubuh alami tersebut?Diketahui bahwa komposisi terbesar ASI adalah laktosa (50-60 g/L), diikuti oleh lemak (30-50 g/L), oligosakarida (10-12 g/L), dan protein (8-10 g/L). Oligosakarida adalah sejenis prebiotik yang memperkuat sistem kekebalan tubuh alami pada bayi yang baru lahir, khususnya di saluran pencernaan. Zat ini terus diproduksi pada ASI, sehingga buah hati bunda akan memperoleh kekebalan tubuh alami selama ibu menyusuinya.Oligosakarida dalam ASI termasuk ke dalam karbohidrat yang tidak bisa dicerna. Di dalam sistem pencernaan manusia, oligosakarida berperan sebagai prebiotik dan digunakan sebagai makanan bakteri baik sehingga dapat mendominasi flora usus dan menekan pertumbuhan bakteri jahat.Oligosakarida juga berperan sebagai serat yang mampu mengurangi konstipasi dan membuat konsistensi feses lebih lembut (loose stool).

Dari penelitian bertahun-tahun, diketahui oligosakarida dalam ASI memberi efek yang positif dan pada akhirnya mampu memperkuat daya tahan tubuh bayi. Kemampuan ASI dalam memberi perlindungan ini telah terbukti dalam penelitian selama 40 tahun terakhir ini. Ketika dibandingkan dengan bayi-bayi yang tidak diberikan ASI, bayi-bayi yang diberi ASI tidak gampang terkena penyakit akibat infeksi, alergi, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kekebalan tubuh.

Bila disarikan, maka prebiotik dari oligosakarida ini manfaatnya antara lain:- Mendukung pertumbuhan bakteri sehat- Menghambat pathogen- Menurunkan insiden alergi- Menurunkan insiden infeksi- Terbukti memperkuat sistem imun.

Dengan banyaknya penyakit yang mewabah, terutama di musim penghujan seperti sekarang ini, banyak orang memilih menanggulanginya dengan membeli antibiotik. Antibiotik memang dikenal bisa mengurangi rasa sakit ketika pertama kali dikonsumsi. Namun, bakteri tak mudah dilawan. Ada bakteri yang kalah melawan antibiotik, ada juga yang lebih cerdik daripada antibiotik, sehingga bermutasi dan malah menjadi lebih kuat lagi. Artinya, butuh antibiotik dalam dosis lebih besar lagi untuk melawannya. Kalau hal ini berulang-ulang dilakukan, maka bakteri akan menjadi resisten terhadap antibiotik manapun yang dikonsumsi. Namun, sebaiknya, kita jangan terlalu menggantungkan diri pada antibiotik. Lebih baik, kita lakukan langkah-langkah supaya sistem imun atau kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik. Kalau bisa, malah meningkat.

Kekebalan tubuh sendiri dapat dipengaruhi oleh umur, nutrisi, vitamin, mineral, hormon, kegiatan olahraga, dan keadaan emosi, atau dengan lain perkataan adalah gaya hidup seseorang. Contohnya, bila gaya hidup sehat, maka kekebalan tubuh meningkat, dan seseorang tidak gampang sakit. Sebaliknya, orang yang gaya hidupnya buruk, tidak sehat, suka merokok, kurang tidur, dan sebagainya, maka kekebalan tubuhnya menurun, dan gampang jatuh sakit.Menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya tidak susah-susah amat. Cukup dengan mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang, hidup sehat yang higienis, tidur cukup selama 8 jam sehari, minum air putih 2 liter sehari, olahraga teratur, dan menjaga berat tubuh yang ideal.
Hmm..hidup sehat memang penting yaakkk :D

Thursday, March 8, 2007

wilbert ke vihara ekayana


minggu capgomeh kemaren kita bawa wilbert pai pai ke ekayana :D

disana ketemu romo yoko, yg dulu ngurusin wedding ceremony kita hehe...masih inget aja tuh die...





baju baby tiger ini diksh cici puspita yg di s'pore, lucu banget bajunya tdnya iseng dipakein kirain msh belom bisa pake ternyata da muat tuh hehe...lucu..ada ekornya segala ^_^





Wilbert chubby banget yah....


Banyak yg bilang wilbert ndutt hehe...emang iya siy yg ngeliat dia aja kirain dia da gede pdhl baru mau 5 bulan minggu ini, kadang gw ma hubby takut kl dia overweight tp gimana yah..skrg beratnya 8.5 kg panjang waktu terakhir ukur kemaren 68 cm.


pas balik sincia kmrn gw coba susun ulang jadwal makannya jadi 4 jam sekali 160cc tp dia malah ngambek, suka sisa ampe kadang susah banget boongin dia habisin susunya..minumnya lama kecuali kl dia da ngantuk mau bobo baru deh anteng minum susunya. hbs itu gw diomelin nyokap ktnya di medan kemaren teratur 3 jam sekali dia mau kok..ya udh deh gw balik lagi 3 jam akhirnya...sebenernya mau dibilang dia doyan susu banget gak jg siy...kl ga diksh dia jg ga nangis cuman kadang2 doank...


sekarang nipplenya gw da ganti yg L sejak selasa kmrn, lbh cepet habisnya..mungkin yg M lubangnya da kecil kali kl minum kelamaan dia cape nyedotnya hehe...truzz ngambek, dulu waktu gw ganti dr S ke M jg gitu tuh sempat susah minumnya en suka nangis. skrg dia da mulai makan bubur, sebenernya da dr 2 minggu yg lalu cuman gw ngasihnya ga teratur aja...gw coba ksh bubur heinz yang buat 4 months ke atas yg warna biru..tdnya campur air agak encer dia doyan teruss gw campur susu ternyata dia ga doyan, mungkin enegg kali soale dulu gw pernah ksh biskuit milna campur susu dia jg ga mau...

berapa hari ini dia mulai teratur makan buburnya tiap pagi, nyokap bikinin agak kental ternyata dia doyan meskipun ga habis...untuk juice gw jarang ngasih..kmrn sempat bikin juice pear korea buat dia tp kok dia ga mau yah.. sebenernya gw msh rada bingung ma jadwal makan dia kl da begini..gw ga di rumah jadi ga bs ngontrol waktunya paling titip pesen ke baby sitter n nyokap...

kmrn ke mal beli lanjutan s26 gold, promil...di rumah tinggal 1 kaleng lagi s26 hbs itu da mo lanjutin ke promil :D
ampe skrg Wilbert msh batuk niy...obatnya da hbs kmrn tp herannya kok malam doank dia lbh sering batuk siangnya gak tuh padahal ac da gw kecilin..udh 2 hr ini tidurnya ga nyenyak suka tidur2 tau2 nangis apa krn mimpi yah. gw ga bawa balik ke dokter lg..coba liat 1-2 hr ini dulu gimana...hikss ternyata virusnya jahat banget niy tp belakangan cuaca jg lagi aneh siy dr yg panas tau2 hujan angin...



tp untungnya skrg dia da mo maen, da balik ceria lagi :D skrg dia da mkn sering tengkurap, balik terlentang lg belom bisa kadang2 doank truzz maunya duduk, kl digendong ga mo ditidurin ato kl ga maunya berdiri truzz dia loncat2 gitu hehe...liat barang apa aja yg di deket dia lgsg diambil truzz dimasukin ke mulut n yg paling sering siy dia masukin tangannya ke mulut. lucu jg siy liat dia ngegigit maenan yg gw beli di pigeon yg mirip tulang dia demen banget hehe..skrg da makin sering ngoceh2..sering banget manggil ma maa maam sekarang..kangen deh kl inget dia...


tiap gw pulang rumah pasti dia seneng banget krn gw suka ajak jalan2 ke taman kl msh ada matahari sore..kl pagi kadang daddynya yg bawa, mommy ga sempat da dijmpt mobil kantor soale :(

skrg dia da tau kl mo diajak pegi tuh, baru keluar dr pintu aja kl di dadaa-in da teriak2 girang gitu lucu...

foto2 wilbert feb 2007

foto with daddy di kamar yeye
foto with ipoh sincia hari ke-3 di golden thai
ready to the airport back to jakarta 21 feb 2007 :D
arriving home
hehe..ternyata lbh enak rumah sendiri ^_^

Wednesday, March 7, 2007

Sincia 2007 di Pekan Baru








Foto2 wilbert waktu sincia kemaren di pku..baru sempat gw resize & upload hari ini hehe...
Baju cheongsamnya gw beli di medan haha..msh kegedean banget yah ^_^

Saturday, March 3, 2007

Wilbert sakit...

Hiks...my baby is sick..
hbs mudik sincia kmrn ke medan ma pekan baru, pulang2 semua jadi sakit..
gw balik tgl 21 kmrn, tgl 22 bw wilbert imun DPAT yg ketiga kali di rs hermina sunter, beratnya da 8.4kg panjang 66cm. wilbert jd beda lg ma waktu dibawa pulang nyokap ke medan 3 minggu yg lalu...chubby bgt tembem :D

selang berapa hari umi, babysitter gw meriang truzz batuk pilek. da diksh minum antangin ktnya masuk angin + gejala batuk pilek gitu ternyata ga sembuh malah nepak ke wilbert dh...badannya panas plus batuk pilek jg..gw da berasa waktu subuh bangun ngsh susu ke dia kok badannya hanget tp gw pikir acnya kurang dingin, gw gedein dikit truzz ampe paginya mulai agak rewel akhirnya gw telp rs ambil nomer buat besoknya kl dia ampe ga sembuh ternyata nyampe ktr nyokap telp ktnya wilbert demam pdhl da diksh obat cina, gw langsung pulang stgh hari bawa dia ke dokter dh..kasian banget ga bs tidur nyenyak rewel en ga mo minum susu...diajak maen jg ga mau, manyun aza mukanya hikss..tidur ga ampe stgh jam bangun2 nangis..herannya waktu dia umur 2 bulan gw bw pulang ke medan, gw jg lg batuk pilek parah tp ga ampe nepak ke dia tuh..pdhl nyokap da ngelarang babysitternya deketin dia tp susah sich apartment gw jg kecil tempatnya huhuhu...gw nyesel harusnya pas itu lgsg beli masker buat die, tdnya ada stok di rumah tp kok ga ketemu ampe selasa malam br kita beli di apotik. gw da ingetin dia rajin cuci tangan sblm pegang barang2 wilbert tp tetep aja....

akhirnya gw ga ngantor jagain die, kasian berasa kok wilbert jd nempel banget ma gw digendong ma pho2nya ga mau..daddynya jg paling bntr truzz da nangis..nangisnya sambil ngoceh2 sendiri ma..maa..maa...sambil ngeliatin ke gw...kasian deh kayak lg manggil gw..ampe ga tega banget liatnya...:(

stress jg ternyata anak kecil sakit tiap malam gw ga bs tidur hbs bntr2 dia rewel ga enak badan kayake...ampe suaranya jd serak..tp untung dia ada pup meskipun agak keras. gw da ksh banyak minum air putih dr kemaren...

dari dokter diksh obat sanmol sirup penurun panas ma puyer buat batuk pilek, diksh antibiotik tp disuru ga ush beli kecuali kl demamnya ga turun..gw usahain ga mo ngsh antibiotik ke anak kl bs. untung hbs minum obat dokter demamnya turun tinggal batuk, pilek jg da sembuh...tp sekarang batuknya kok parah ada dahaknya, gw ksh minum susu ampe keselek gitu truzz muntah..gw liat sich yg keluar lendir gitu hbs itu dia enakan..moga2 die cepet sembuh deh...

skrg dia da mo maen, hr ini gw daa ngantor lg tp gara2 kurang tidur badan kurang fit gw ma hubby jd ikutan batuk pilek jg sebel >_<