Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Tuesday, March 13, 2007

wilbert with new baby walker

Wilbert 5 months old ^_^




ga berasa wilbert da 5 bulan :D kayake dia da mulai mo numbuh gigi deh hbs suka bgt ngegigit maenannya ampe gemesss banget hehe...lucu ngeliatnya...


minggu kmrn ke mangga dua daddynya beliin baby walker ma dvd baby einstein total 15 series, dia demen banget nontonnya tuh kadang ampe bisa ketawa truzz ngoceh2 sendiri ma tv ^_^

sekarang batuknya da sembuh, lega deh...udh 2 hari dia asik maen ma baby walkernya, kakinya belom nyampe ke tanah pdhl udh diadjust ampe posisi plg rendah tuh hehe...tp gw jg ga berani ksh duduk terlalu lama siyy..takut kakinya ma posisi duduknya belom kuat bener cape kayake kl kelamaan duduknya lagian dia jg suka bosenan anaknya :( palingan cuman 10-15 menit da nangis minta digendong kecuali ditemenin sambil diajak maen ma umi, babysitternya haha...pinter yah anak kecil minta perhatian :p
hari ini hubby dinas ke jambi ampe kamis baru pulang...sedih dech 2 hari wilbert ga ketemu daddynya..td pagi2 jam 6 da berangkat ke airport...si kecil kayake tau daddynya mo berangkat pagi, jam 5 da ngebangunin kita truzz minta dipindahin ke ranjang..tidur di sebelah daddynya, ga lama setelah itu ngoceh2 sendiri ga tau ngmg apa jg haha...mau ga mau daddynya jd ikutan bangun maen ma dia...

oh ya...artikel dibawah dikirimin dr infobunda tuh..ternyata bener juga dink..kl anak kecil sakit ga harus selalu diksh obat apalagi antibiotik, biarin tubuhnya membentuk sistem imun sendiri..dgn kata laen untuk penyakit batuk pilek yg paling sering diderita anak kecil itu sebenernya bs sembuh sendiri walau tanpa bantuan obat sekalipun krn sistem imun tubuh mereka cukup baek untuk melawan kuman2/ virus tersebut..kudu dilatih dr sekarang...sebisa mungkin jgn diksh antibiotik dh....

kmrn ini waktu wilbert sakit gw langsung bawa ke dokter en diksh minum puyer batuk pilek hikss..lama juga sembuhnya...ampe obatnya da habis aza msh dikit batuknya...kayake resep mommy ken oke tuh madu campur jeruk nipis ma air dikukus :)

"Tingkatkan Kekebalan Tubuh Alami...!"
Musim hujan yang datangnya sampai saat ini tidak menentu, kadang-kadang cuaca panas, kadang-kadang hujan deras sampai banjir, menyebabkan wabah penyakit berdatangan. Belakangan ini saja, sering kita baca atau dengar berita yang menyebutkan banyaknya nyawa melayang karena menderita penyakit pasca-banjir. Maka itulah, sudah selayaknya bila bulan ini kami hadir di antara bunda dengan mengetengahkan berbagai informasi mengenai kekebalan tubuh. Maksudnya, tiada lain supaya bunda dapat menjaga kesehatan semua anggota keluarga di rumah sehingga terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang ada.

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan sistem imun atau kekebalan tubuh?Apakah yang dimaksudkan dengan sistem imun? Kata imun berasal dari bahasa Latin ‘immunitas’ yang berarti pembebasan (kekebalan). Saat itu, istilah ini diberikan kepada para senator Romawi selama masa jabatan mereka terhadap kewajiban sebagai warganegara biasa dan terhadap dakwaan. Dalam sejarah, istilah ini kemudian berkembang sehingga pengertiannya berubah menjadi perlindungan terhadap penyakit, dan lebih spesifik lagi, terhadap penyakit menular. Sistem imun adalah suatu sistem dalam tubuh yang terdiri dari sel-sel serta produk zat-zat yang dihasilkannya, yang bekerja sama secara kolektif dan terkoordinir untuk melawan benda asing seperti kuman-kuman penyakit atau racunnya, yang masuk ke dalam tubuh.Dari ‘sana’nya, ternyata tubuh mempunyai cara dan alat untuk mengatasi penyakit sampai batas tertentu. Umpamanya, untuk beberapa jenis penyakit seperti pilek dan batuk, dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Dalam hal ini dikatakan bahwa sistem pertahanan atau kekebalan tubuh (sistem imun) orang tersebut cukup baik untuk mengatasi dan mengalahkan kuman-kuman penyakit itu. Tetapi bila kuman penyakit itu ganas, sistem imun (terutama pada anak-anak atau pada orang dewasa dengan daya tahan tubuh yang lemah) tidak mampu mencegah kuman berkembang biak, sehingga dapat mengakibatkan penyakit berat yang membawa kepada cacat atau kematian.

Sekali tubuh pernah menghadapi suatu virus atau bakteri tertentu, dan ketika suatu saat tubuh menghadapinya kembali, antibodi dan memori T cells langsung bekerja. Mereka segera bereaksi terhadap organisme tersebut dan menyerangnya sebelum penyakit berkembang lebih lanjut. Sistem kekebalan tubuh dapat mengenali dan menyerang ribuan organisme yang berbeda-beda secara efektif.

Bicara mengenai kekebalan tubuh, terutama bayi, maka kita pasti akan menyinggung soal ASI. Telah terbukti oleh penelitian bahwa bayi yang diberi ASI secara eksklusif tidak gampang sakit. Artinya, pemberian ASI dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi.Tapi, zat apakah pada ASI yang dapat memberikan kekebalan tubuh alami tersebut?Diketahui bahwa komposisi terbesar ASI adalah laktosa (50-60 g/L), diikuti oleh lemak (30-50 g/L), oligosakarida (10-12 g/L), dan protein (8-10 g/L). Oligosakarida adalah sejenis prebiotik yang memperkuat sistem kekebalan tubuh alami pada bayi yang baru lahir, khususnya di saluran pencernaan. Zat ini terus diproduksi pada ASI, sehingga buah hati bunda akan memperoleh kekebalan tubuh alami selama ibu menyusuinya.Oligosakarida dalam ASI termasuk ke dalam karbohidrat yang tidak bisa dicerna. Di dalam sistem pencernaan manusia, oligosakarida berperan sebagai prebiotik dan digunakan sebagai makanan bakteri baik sehingga dapat mendominasi flora usus dan menekan pertumbuhan bakteri jahat.Oligosakarida juga berperan sebagai serat yang mampu mengurangi konstipasi dan membuat konsistensi feses lebih lembut (loose stool).

Dari penelitian bertahun-tahun, diketahui oligosakarida dalam ASI memberi efek yang positif dan pada akhirnya mampu memperkuat daya tahan tubuh bayi. Kemampuan ASI dalam memberi perlindungan ini telah terbukti dalam penelitian selama 40 tahun terakhir ini. Ketika dibandingkan dengan bayi-bayi yang tidak diberikan ASI, bayi-bayi yang diberi ASI tidak gampang terkena penyakit akibat infeksi, alergi, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kekebalan tubuh.

Bila disarikan, maka prebiotik dari oligosakarida ini manfaatnya antara lain:- Mendukung pertumbuhan bakteri sehat- Menghambat pathogen- Menurunkan insiden alergi- Menurunkan insiden infeksi- Terbukti memperkuat sistem imun.

Dengan banyaknya penyakit yang mewabah, terutama di musim penghujan seperti sekarang ini, banyak orang memilih menanggulanginya dengan membeli antibiotik. Antibiotik memang dikenal bisa mengurangi rasa sakit ketika pertama kali dikonsumsi. Namun, bakteri tak mudah dilawan. Ada bakteri yang kalah melawan antibiotik, ada juga yang lebih cerdik daripada antibiotik, sehingga bermutasi dan malah menjadi lebih kuat lagi. Artinya, butuh antibiotik dalam dosis lebih besar lagi untuk melawannya. Kalau hal ini berulang-ulang dilakukan, maka bakteri akan menjadi resisten terhadap antibiotik manapun yang dikonsumsi. Namun, sebaiknya, kita jangan terlalu menggantungkan diri pada antibiotik. Lebih baik, kita lakukan langkah-langkah supaya sistem imun atau kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik. Kalau bisa, malah meningkat.

Kekebalan tubuh sendiri dapat dipengaruhi oleh umur, nutrisi, vitamin, mineral, hormon, kegiatan olahraga, dan keadaan emosi, atau dengan lain perkataan adalah gaya hidup seseorang. Contohnya, bila gaya hidup sehat, maka kekebalan tubuh meningkat, dan seseorang tidak gampang sakit. Sebaliknya, orang yang gaya hidupnya buruk, tidak sehat, suka merokok, kurang tidur, dan sebagainya, maka kekebalan tubuhnya menurun, dan gampang jatuh sakit.Menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya tidak susah-susah amat. Cukup dengan mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang, hidup sehat yang higienis, tidur cukup selama 8 jam sehari, minum air putih 2 liter sehari, olahraga teratur, dan menjaga berat tubuh yang ideal.
Hmm..hidup sehat memang penting yaakkk :D

No comments: