Lilypie - Personal pictureLilypie Fourth Birthday tickers

Tuesday, May 27, 2008

Mimisan...

Seminggu ini wilbert da sehat, ceria lg spt biasanya. Udh semingguan ini dia lbh sering di rumah, ga berani bawa keluar dulu krn takut dia belum bener2 pulih jd kl gw pegi ma ade gw dia di rumah ma nyokap, maen ma ponakan gw..dia demen tuh ma titi (javerson). Makan dan susu jg da teratur, pupnya da normal, ga kayak kmrn waktu lg sakit tiap malam bs bangun brp kali tuh rewel, minta susu...balik lg kayak anak bayi dulu pdhl sejak umur setaon dia da ga nyusu tengah malam. Br senang emaknya eh kemaren hidungnya mimisan...stress banget gw :(

Ceritanya semalam gw lg asik nyanyi karaoke-an ma nyokap berdua di rumah, wilbert lg maen ma yuni (maid) disamping gw eh tau2 pas lagi maen gitu dia usap hidungnya pk tangan, ada noda darah. Si yuni lgsg teriak "non, kok hidungnya wilbert berdarah" Kaget gw lgsg pegang tangannya eh beneren tangannya penuh darah, liat lg darah ngucur dr lubang hidungnya yg sebelah kiri. Langsung gw ambil tissue nutupin hidungnya, satu tissue basah semua penuh darah..nangis deh gw buru2 kepalanya gw tidurin biar darahnya ga ngucur lg tp msh aja keluar. Panik gw, ampe ga inget harus kompres pk es batu, bokap langsung suru bawa ke dokter. Ganti baju buru2 lgsg jalan ke rs. gleneagles, gw mo bw ke dokter THT.

Sampai sana, ade gw telp ktnya dia hbs telp dr.Johannus, gw disuru ke rumahnya aja. Kebetulan dokter ini lg ga ada jadwal praktek di rs sana yasud gw ga jadi ke tht dulu, gw pikir konsul dulu ke dokternya kl perlu br bawa ke dokter tht lgsg krn dokter tht-nya gw tanya msh praktek ampe jam 11 malam. Sampai rmh dr.johannus jam 9an, stlh dicek ktnya ga napa2 mungkin wilbert korek2 terlalu dalam pk jarinya jd berdarah. Truss diksh obat buat bersihin hidung, cairan yg dimasukin lwt lubang hidung. Ga perlu ke tht ktnya, gw bingung napa yah wilbert bs mimisan? Panas dalam ga mungkin soale mimiknya da banyak banget tuh. Tdnya gw pikir dia ketusuk maenan ato terantuk apa jd berdarah tp ga mungkin kt dokter, bs ngalir truss darahnya ga berhenti kl kemasukan benda asing gitu. Lagian dia jg ga nangis waktu hidungnya keluar darah malah nyengir ke kita pdhl emak dan pho2nya da panik kmrn, waktu otw ke rs jg msh nyanyi2 di mobil, udh ga keluar darah lg truss msh teriak2 stop waktu lewatin lampu merah, dia da bs tuh..kl hijau suru kita jalan "go" pokoke sepanjang jalan ngoceh2 sendiri ksh tau kita kl ada car, truck, becakk.

5 comments:

Anonymous said...

si joan sepupu kenneth juga pernah mimisan tuh ver.. dan ngak tau juga tuh apa pemicunya... secara normal2 aja gitu.. tanpa ada aba2... tapi ya anaknya sehat2 aja.. maksudnya dia sendiri ngak berasa sakit gitu.. kae wilbert gitulah.. masih bisa ketawa2...

ada emang ada baiknya dicek ke tht deh ver.. secara kemaren dibilang sinus... trus mimisan... mendingan kita cari tau daripada penasaran, kae kenneth kemaren gue bawa ke tht... klo ternyata ngak apa2 ya syukur..

Arman said...

1 hal yang penting: jangan khawatir ya ver!!

ini based on pengalaman gua pribadi soalnya. gua pas kecil sering banget mimisan. bahkan sampe gede (tua maksudnya hehe) juga kadang masih lho mimisan nya walaupun gak sesering dulu.

yah dibawa ke THT ya ada bagusnya kalo emang bisa segera ketauan apa penyebabnya. tapi kalo pengalaman gua sendiri, dari kecil sampe 'tua' (gak rela nyebut tua rasanya hehe) tuh gua udah berpuluh puluh kali ke THT sampe bosen dah. tapi gak pernah nemu apa2, sampe akhirnya pas gua udah kerja, gua CT scan idung (gua gak tau ya apa anak kecil boleh CT scan??).

nah setelah CT scan baru keliatan tuh kalo ternyata rongga idung gua tuh ada yang gak bener. jadi emang bentuk rongga nya gak kayak idung2 orang lain. gua lupa gimana penjelasan detailnya tapi ini menyebabkan gampang mimisan (selain juga karena pembuluh2 darah di hidung tuh sensitif sehingga mudah pecah).

solusinya? operasi! tapi dokter juga bilang, kalo emang mimisannya gak yang mengganggu sekali (padahal mana ada sih mimisan gak mengganggu? ya gak.. apalagi kalo lagi di tempat umum.. atau bahkan di kantor tau2 bisa mimisan!) dalam artian bukan yang sampe setengah jam gak kelar2 darahnya, ya mendingan gak usah operasi. jadi ya akhirnya gua gak operasi sih sampe sekarang juga.

nah kalo gua perhatiin dari kondisi gua sendiri nih, mimisan itu kepicu kalo:
1. korek2 idung terlalu napsu. hehe. bisa luka. kalo luka nya udah kering kekorek lagi bisa luka lagi. jadi bener2 sensitif dah idungnya. gampang luka.
2. kecapean. kadang anak kecil kan suka gak berasa kalo udah cape. dan gua gak tau ya wilbert gimana, tapi kalo gua emang lebih gampang cape dibanding orang2 pada umumnya. jadi ya emang mesti extra istirahat.
3. panas dalem. mesti banyak banget minum air putih. ini juga gak bisa dicompared ama orang pada umumnya. orang model kayak gua yang terlalu gampang panas dalem ini minumnya harus sangat2 extra. bahkan temen gua sampe bilang ke gua: heran dah lu man, minum udah banyak abnget kayak onta tetep aja panas dalem mulu, gua yang minumnya dikit aja gak pernah panas dalem! nah lo.. hahaha. emang badan orang kan beda2 ya... :) yah gua udah minum sampe bergalon-galon (hiperbola hehe) tetep aja panas dalem. tapi ya kalo gua minum nya kayak orang2 lain, panas dalemnay bakal lebih parah...

tapi sekali lagi, jangan worry ya. kebanyakan mimisan itu gak bahaya kok. ya sekali lagi kecuali kalo gak brenti2 dan sampe kekurangan darah. tapi biasanya mimisan gak sampe begitu.

yah moga2 mimisannya wilbert cuma sekali aja ya... gak kayak gua. hehe. tapi gua share ke lu biar lu gak worry aja... :)

Anonymous said...

Harusnya sih ngga apa2 yah Ver, dokter juga udah bilang ngga apa2 kan. Soalnya Arman dulu juga sering mimisan, terutama kalo lagi panas dalam, soalnya selaput pembuluh darah di hidung dia tipis.

Unknown said...

ver, tenang..jgn panik.
tuh penjelasan dari arman cukup membantu kan?

Anonymous said...

Duh Ver, serem juga yaa kalo liat anak tiba2 berdarah gitu ...
eniwei, setuju sama comment2 diates ... moga2 Wil gak mimisan2 lagi yaaa :)